+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

manfaat-kursi-lumbar-support

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dari kita yang menghabiskan waktu berjam-jam duduk dan bekerja di depan komputer. Posisi duduk yang tidak nyaman ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan, terutama pada tulang belakang dan punggung. Nah, salah satu solusi untuk masalah ini yakni dengan menggunakan kursi kantor yang dilengkapi lumbar support. 

Apa yang dimaksud dengan lumbar support dan mengapa jenis kursi ini baik untuk kesehatan? Cari tahu jawabannya dengan menyimak artikel berikut sampai habis. 

Apa Itu Lumbar Support?

Cipta Office – Secara umum pendukung lumbar merupakan dukungan tambahan yang dirancang khusus untuk mendukung bagian tulang bawah punggung atau lumbar. Karena bagian ini, bagian yang paling rentan merasakan nyeri akibat posisi duduk yang salah atau kurang nyaman. Nah, alat ini membantu menjaga kurva alami tulang belakang, mencegah postur tubuh bungkuk, dan mengurangi tekanan pada otot punggung. Selain itu bantalan lumbar juga ada yang bisa dipasang atau dilepas sesuai kebutuhan dari penggunanya.

Baca juga: Begini Tips Memilih Kursi Kantor yang Nyaman!

Jenis-jenis Lumbar Support

Ada beberapa jenis pendukung lumbar yang tersedia dalam berbagai bentuk dan desain. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut beberapa jenis lumbar yang umum digunakan.

Bantalan Bawaan (Built-In)

Jenis bantalan bawaan ini biasanya sudah terpasang dalam desain kursi. Umumnya berbentuk bantalan busa atau polimer yang menonjol di bagian belakang kursi tepat di area lumbar. Bantalan ini bisa disesuaikan tinggi rendahnya untuk menyesuaikan dengan postur tubuh pengguna.

Bantalan Tambahan (Attachable)

Sesuai dengan namanya, bantalan tambahan adalah bantalan yang dapat dilepas pasang dan ditempatkan di bagian belakang kursi. Bantalan tambahan biasanya terbuat dari busa memori atau bahan yang disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Bantalan Angin (Inflatable)

Bantalan jenis ini dapat disesuaikan kekerasan dan kelembutan bantalnya, dengan cara mengatur jumlah udara di dalamnya. Sehingga lebih fleksibel untuk menopang kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bantalan Statis

Terakhir, bantalan statis adalah bantalan yang dipasang secara permanen pada kursi. Karena bentuknya yang permanen, bantalan jenis ini tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Meja Kantor untuk Anda!

Manfaat Lumbar Support

Penggunaan kursi kantor dengan pendukung lumbar membawa berbagai manfaat untuk kesehatan. Terutama bagi Anda yang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dalam posisi duduk.  Berikut empat manfaat kursi kantor dengan lumbar support untuk kesehatan.

Mengurangi Nyeri Punggung

Manfaat yang pertama yaitu membantu dalam mengurangi nyeri pada tulang belakang dan otot-otot punggung. Fungsinya dapat mencegah nyeri punggung bawah yang sering terjadi akibat duduk terlalu lama.

Memperbaiki Postur Tubuh

Dengan dukungan yang tepat, punggung akan lebih mudah mempertahankan kurva alaminya. Hal ini juga dapat mengurangi risiko postur bungkuk atau postur tubuh yang salah yang menimbulkan nyeri pada tubuh.

Mencegah Masalah Kesehatan Jangka Panjang

Penggunaan bantalan lumbar dapat membantu mencegah masalah kesehatan serius, seperti herniasi diskus, spondilosis, dan masalah tulang belakang lainnya.

Mengurangi Kelelahan

Manfaat terakhir yaitu dapat mengurangi rasa lelah. Dengan menggunakan bantalan di bagian tulang belakang, pengguna kursi cenderung merasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat bekerja.

Baca juga: Bingung Mencari Ukuran Meja yang Tepat? Simak Artikel Berikut!

Tips Memilih Lumbar Support yang Tepat

Memilih bantalan pendukung lumbar yang tepat sangat penting untuk memastikan manfaat optimal bagi kesehatan punggung Anda. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memilih pendukung lumbar yang tepat.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Pribadi

Pilih yang sesuai dengan tinggi badan, berat badan, dan bentuk punggung Anda. Pastikan bahwa pendukung lumbar tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan.

Perhatikan Material dan Kualitas

Pilih material yang nyaman dan tahan lama. Bahan yang baik biasanya terbuat dari busa memori atau bahan yang bisa menyesuaikan bentuk tubuh. 

Cocokkan dengan Kursi

Pastikan pendukung lumbar dapat dipasang dengan baik pada kursi yang Anda gunakan. Karena beberapa kursi dilengkapi dengan lumbar yang dapat dilepas, sementara yang lain berasal dari desain kursi.  

Coba Sebelum Membeli

Jika memungkinkan, cobalah kursi dengan pendukung lumbar sebelum membelinya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencoba kenyamanan dan efektivitas dukungan sebelum membelinya.

Baca juga: Jenis-jenis Kursi Kantor yang Harus Anda Ketahui

Itulah jenis, manfaat hingga tips memilih lumbar support yang dapat Anda jadikan acuan sesuai kebutuhan. Jika Anda sedang mencari kursi kantor yang nyaman, Anda dapat mempercayakan kebutuhan Anda pada Cipta Office Karawang. Kami menyediakan semua peralatan kantor yang Anda butuhkan. Segera pesan melalui link ini atau klik tombol di bawah untuk memesan sekarang!

Penulis: Lidia Pratama
Editor: Raden Fathria