+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Sertifikat atau piagam merupakan bukti ataupun dokumen resmi yang menunjukkan prestasi seseorang. Umumnya sertifikat dikeluarkan oleh pihak resmi sebagai penyelenggara, misalnya perusahaan, instansi, sekolah, dan semisalnya. Selain itu, sertifikat pun bisa untuk kebutuhan profesional seperti acara kebudayaan, agama, maupun kegiatan sosial. Nah agar tidak salah cetak, berikut ini jenis-jenis kertas sertifikat yang paling sering digunakan.  

Jenis-jenis Kertas Sertifikat

Sertifikat merupakan dokumen resmi yang tidak boleh ada kesalahan cetak. Oleh karena itu, penggunaan kertas yang tepat dapat menjaga nilai esensial dari sebuah sertifikat. 

Kertas Sertifikat Art Carton

Art carton merupakan jenis kertas tebal dan memiliki permukaan licin dan mengkilap di kedua sisinya. Gramaturnya bervariasi, mulai dari 190 gsm hingga 400 gsm, sehingga lebih kaku dan kokoh dibandingkan kertas biasa.

Baca juga: Rekomendasi Seminar Kit untuk Kebutuhan Seminar Perusahaan Anda! 

Selain sebagai bahan piagam, kertas yang identik dengan warna putihnya ini biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan cetak lainnya. Misalnya kartu nama, brosur, kartu undangan, cover buku, hingga box packaging. Kertas art carton banyak dipilih karena hasil cetaknya yang tajam, tidak mudah terlipat, dan terlihat lebih mewah ketimbang kertas lainnya. Namun di lain sisi, art carton juga memiliki kekurangan, yakni harganya yang lebih mahal dan tidak bisa digunakan untuk semua jenis printer.   

Kertas Sertifikat Concorde

Concorde adalah jenis kertas yang memiliki tekstur garis-garis pada permukaannya. Meskipun bertekstur, permukaan kertas concorde tetap lembut saat disentuh. Gramatur kertas concorde pun cukup bervariasi antara 160, 220, dan 250 gsm. Sedangkan warna kertas yang biasa digunakan untuk sertifikat yakni beige dan putih. 

Kertas Blues White

Blues white atau yang lebih sering disingkat sebagai kertas BW ialah kertas dengan tekstur halus pada permukaannya. Gramasi yang biasa digunakan untuk membuat sertifikat berkisar 220 dan 250 gsm. Dibandingkan dengan jenis kertas lainnya, kertas BW tergolong jenis kertas yang sangat terjangkau. Oleh karena itu, kertas BW sering menjadi pilihan karena kualitasnya yang oke tapi biaya yang tetap terjangkau.

Baca juga: Bahan Plakat Ini yang Paling Banyak Digunakan! 

Kertas Jasmine

Jenis kertas selanjutnya yakni kertas jasmine yang memiliki kesan eksklusif. Sebab, kertas yang satu ini memiliki glitter pada permukaannya. Lain daripada itu, kertas ini terdiri dari beberapa warna dan permukaan yang halus pada saat disentuh. Untuk itu, kesan glitter pada kertas membuat kertas jasmine cocok digunakan untuk sertifikat hingga kartu undangan. 

Kertas Ivory

Pilihan kertas eksklusif lainnya ada kertas ivory. Kertas ivory merupakan perpaduan antara art carton dan matte paper karena memiliki sisi glossy dan matte di dua sisi yang berbeda. Sebenarnya, kertas ivory lebih umum digunakan sebagai box makanan. Namun karena memiliki warna kuning gading yang unik, kertas ini sering dijadikan untuk mencetak sertifikat perusahaan. 

Baca juga: 11 Fasilitas Kerja yang Mendorong Loyalitas Karyawan Pada Perusahaan

Cetak Sertifikat Karawang

Ingin cetak sertifikat atau piagam untuk perusahaan, sekolah, instansi, maupun kebutuhan professional lainnya? Percayakan saja pada Cipta Office Karawang. Anda bisa cetak sertifikat dengan custom kertas, ukuran, warna, hingga ketebalan kertas. Klik di sini atau tombol di bawah untuk melakukan pemesanan ya.