+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

kursi kantor, rekomendasi jenis kursi kantor, tips memilih kursi kantor

Bekerja di kantor dengan posisi duduk yang sama selama berjam-jam untuk jangka panjang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, pemilihan jenis kursi kantor yang tepat sangat penting untuk menunjang kesehatan dan produktivitas pekerja. Berdasarkan data University of Southern California, sekitar 17,5% pekerja yang menggunakan kursi ergonomis merasa nyaman dan mengurangi masalah kesehatan. Nah, artikel ini akan membantu Anda menemukan enam jenis kursi kantor yang ideal untuk bekerja.​

Apa Itu Kursi Kantor?

Cipta Office – Sebelum membahas jenis kursi kantor terbaik, Anda perlu memahami apa yang dimaksud dari kursi kantor. Kursi kantor merupakan fasilitas pendukung yang digunakan untuk bekerja di kantor. Fasilitas yang satu ini umumnya dilengkapi dengan berbagai fitur ergonomis seperti sandaran maupun roda di bagian bawah. Fungsinya yakni untuk mendukung postur tubuh dan mempermudah mobilitas.

Baca juga: 7 Jenis Kursi Kantor yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan

Jenis-jenis Kursi Kantor

Ada berbagai jenis kursi yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan karakteristik dan kegunaannya sendiri. Berikut enam jenis kursi kantor terbaik berdasarkan jenis dan fungsinya.

Kursi Ergonomis

kursi ergonomis

Credit to: Freepik

Jenis kursi desainnya fokus pada kenyamanan dan dukungan kesehatan tubuh. Biasanya, kursi ergonomis memiliki fitur seperti tinggi serta sandaran punggung yang bisa diatur, penyangga lubar, dan sandaran tangan. Kursi ini cocok untuk Anda yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer, karena bisa menyesuaikan kenyamanan Anda.

Kursi Eksekutif

kursi eksekutif

Credit to: Freepik

Model kursi eksekutif identik dengan ukurannya yang lebih besar dan mewah dibandingkan kursi kantor biasa. Kursi eksekutif biasa dilapisi dengan bahan kulit dan memiliki bantalan yang lebih tebal. Selain itu, kursi ini mampu memberikan tampilan yang lebih profesional dan bergengsi. Sehingga cocok untuk para manajer dan eksekutif perusahaan.

Kursi Mesh

kursi jaring, kursi mesh, kursi jaring bahan mesh

Credit to: Freepik

Jenis kursi selanjutnya yaitu kursi dengan sandaran yang terbuat dari bahan jaring bernama mesh. Jaring yang membantu aliran udara lebih baik dan memberikan kenyamanan lebih saat duduk dalam waktu lama. Kursi mesh biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur ergonomis, seperti sandaran tangan, leher, dan lainnya.

Kursi Stasioner

kursi stasioner, kursi rapat, kursi tanpa roda dan sandaran

Credit to: Freepik

Tipe kursi yang tidak memiliki roda dan biasanya digunakan di ruang rapat maupun ruang tunggu. Meskipun kurang fleksibel dibanding kursi beroda, kursi ini cukup stabil dan sering kali memiliki desain sederhana tapi tetap elegan.

Kursi Tanpa Sandaran Tangan

kursi tanpa sandaran

Credit to: Freepik

Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dengan kursi tanpa sandaran tangan, terutama jika sering berpindah tempat. Kursi jenis ini lebih fleksibel dan mudah disesuaikan dengan berbagai posisi duduk.

Kursi Steno

kursi steno

Terakhir, jenis kursi yang dirancang untuk para sekretaris dan pekerja administrasi yang membutuhkan mobilitas tinggi. Tipe ini disukai pekerja karena memudahkan akses ke berbagai alat kerja di sekitar mereka. Selain itu, kursi steno biasanya memiliki desain yang lebih sederhana, tetapi tetap memberikan kenyamanan yang dibutuhkan.

Baca juga: 6 Tips Untuk Memilih Kursi Kantor Ideal

Tips Memiliki Kursi Kantor Terbaik

Dalam memilih kursi Anda tentu membutuhkan cara atau tips yang membantu menentukan pilihan kursi terbaik. Nah, berikut tips memilih kursi kerja terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Pertimbangkan Kebutuhan

Tentukan jenis pekerjaan yang Anda lakukan dan berapa lama waktu yang dihabiskan di kursi setiap hari. Jika Anda sering bekerja di depan komputer, kursi ergonomis menjadi pilihan terbaik. Namun, jika Anda lebih banyak melakukan pertemuan dan aktivitas manajerial, kursi eksekutif bisa lebih cocok untuk Anda.

Perhatikan Ergonomis

Pilih kursi yang menawarkan berbagai penyesuaian untuk memastikan Anda duduk dengan nyaman serta mendukung kesehatan postur tubuh. Seperti penyesuaian tinggi, sandaran punggung, dan penyangga lengan.

Cobalah Sebelum Membeli

Jika memungkinkan, cobalah duduk di kursi sebelum membelinya. Pastikan kursi tersebut benar-benar nyaman dan sesuai dengan tubuh. Meski setiap orang memiliki preferensi yang berbeda, penting untuk menemukan kursi yang paling cocok untuk Anda.

Periksa Material dan Kualitas

Adapun tips lainnya dengan memperhatikan bahan kursi, karena hal ini juga berpengaruh pada kenyamanan dan daya tahan. Pilih kursi dengan bantalan yang cukup tebal dan material yang tahan lama, seperti bahan kulit  atau kain berkualitas tinggi.

Sesuaikan dengan Anggaran

Harga kursi kantor bisa sangat bervariasi. Maka tentukan anggaran Anda terlebih dahulu dan cari kursi yang menawarkan fitur terbaik dengan rentang harga tersebut. 

Itulah jenis serta tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih kursi kantor yang nyaman dan mendukung kesehatan. Untuk itu jika Anda mencari kursi kantor dengan kualitas terbaik, Cipta Office Karawang siap memenuhi kebutuhan Anda. Pesan sekarang dengan cara klik link atau tombol di bawah ini!


Penulis: Lidia Pratama
Editor: Raden Fathria