+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Numerator merupakan salah satu alat tulis yang wajib dimiliki setiap perusahaan. Sebab, alat tulis kerja yang satu ini sangat dibutuhkan untuk pengarsipan dokumen. Lantas, apa itu numerator, jenis, fungsi dan cara memakainya? Simak artikel berikut sampai habis untuk mencari tahu jawabannya, ya!   

numerator, numbering stamp, stempel angka, stempel tanggal, stempel numerator, automatic numbering stamp

Apa Itu Numerator

Cipta Office – Secara sederhana, numerator adalah alat stempel untuk membubuhkan atau menambahkan angka maupun tanggal secara berurutan. Numerator identik dengan deretan angka berukuran milimeter dan memiliki berbagai istilah. Seperti stempel numerator, stempel angka, automatic numbering machine, dan istilah lainnya. 

Jenis Numerator

Berdasarkan jenisnya, numerator terbagi menjadi dua jenis. 

  • Numerator standar: numerator yang membutuhkan bantalan tinta untuk pengecapan
  • Numerator otomatis: numerator yang disebut juga self ink dater yang sudah tersedia bantalan tinta di dalamnya

Baca juga: Bikin Pengalaman Seminar yang Mengesankan dengan Seminar Kit Khusus!

Selain berdasarkan jenis, numerator juga terbagi berdasarkan jumlah angka deret yang ada pada numerator. Ada numerator empat angka, lima angka, enam angka, hingga numerator dengan sepuluh angka. 

Fungsi Numerator

Apa saja fungsi sebuah numerator sebagai alat kearsipan? Berikut ini rinciannya. 

Penanggalan Otomatis

Fungsi utama numerator ialah untuk memberikan penanggalan secara otomatis. Untuk membuat penanggalan secara otomatis, Anda cukup memutarkan gir plastik yang ada di bagian bawah. Atur gir sesuai dengan format kalender, mulai dari tanggal, bulan, dan juga tahun. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menulis tanggal secara manual pada dokumen perusahaan. 

Penomoran Berkas

Selain untuk memberikan nomor pada dokumen penting, numerator juga dapat digunakan untuk penomoran berkas lainnya seperti kuitansi. Dengan numerator, pemberian nomor bisa jadi lebih cepat dan efisien sehingga mempermudah pekerjaan Anda. 

Baca juga: Jadi Karyawan Sat-set dengan Buku Agenda Perusahaan 

Meminimalisasi Kesalahan

Fungsi lain dari numerator adalah meminimalisasi kesalahan penulisan angka ataupun tanggal pada dokumen. Hal ini dikarenakan numerator memungkinkan Anda untuk membubuhkan angka atau tanggal dengan mudah dan cepat. Sehingga, Anda terhindar dari kelelahan yang menyebabkan kesalahan penulisan dokumen. 

Meningkatkan Efisiensi

Numerator dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam mengelola dokumen perusahaan Anda. Sebab dengan pemberian nomor urut pada setiap dokumen mempermudah pencarian dokumen tanpa perlu memeriksa seluruh arsip perusahaan.  

Meningkatkan Keamanan

Terakhir, numerator juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan. Sebab, penomoran yang jelas dan berurut tentu dapat memudahkan pengecekan jika ada dokumen dengan penomoran yang lompat atau berjarak. Dengan demikian, numerator sangat berguna sebagai alat kearsipan yang meningkatkan keamanan dokumen perusahaan. 

Baca juga: Mengenal Perforator, Pembolong Kertas Sejuta Umat

Cara Penggunaan Numerator

Berikut ini cara penggunaan numerator dengan model standar dengan bantalan tinta di bagian bawah.  

Pasang Bantalan Spons

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, numerator standar mempunyai bantalan tinta di bagian bawahnya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan numerator jangan lupa untuk memasang spons bantalan berikut meneteskan tinta di bantalan secukupnya. 

Ingat untuk menekan kepala numerator saat memasang bantalan tinta agar tempat tinta terbuka. Masukkan bantalan tinta dari samping dan sesuaikan dengan posisinya.  

Atur Jumlah Stempel

Sebelum mengatur angka yang ingin dicap, terlebih dahulu Anda harus mengatur jumlah angka yang akan dicap. Maksudnya adalah berapa kali Anda akan mengecap numerator pada kertas. 

Umumnya pengaturan nomor numerator terdiri dari 0, 1, 2, dan 3. Jika penunjuk menunjukkan angka 0, maka angka numerator tidak akan berubah setelah digunakan. Seterusnya, apabila numerator menunjukkan angka 2 maka numerator tidak akan berubah sebelum digunakan 2 kali.

Baca juga: Jangan Asal Pakai! Ini Jenis-jenis Map Arsip yang Harus Kamu Tahu

Atur Angka yang Diinginkan

Langkah selanjutnya ialah dengan mengatur angka yang diinginkan menggunakan stik yang sudah tersedia. Panduan mengatur angkanya yakni dengan mengetahui letak angka. Angka pada sisi paling kanan numerator akan berada di sebelah kiri ketika tercap. 

Stempel pada Kertas

Kini, numerator sudah siap digunakan. Untuk meminimalisasi kesalahan, tes dahulu pada kertas kosong. Stempel numerator dengan cara ditekan secara kuat-kuat agar angka bisa tercetak dengan sempurna di atas kertas. 

Beli Numerator Karawang

Demikian pembahasan singkat mengenai apa itu numerator. Bingung mau beli numerator di mana? Pesan saja di Cipta Office Karawang.

Kami menyediakan berbagai atk dan perlengkapan kantor yang Anda butuhkan. Mulai dari ordner, filling cabinet, brankas hingga perlengkapan kantor lainnya seperti kursi kantor. Klik di sini atau tombol di bawah untuk memesan numerator sekarang juga.