+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Pada zaman modern dan era serba digital seperti saat ini, mengharuskan sebagian orang untuk selalu bekerja dengan perangkat elektroniknya seperti Personal Computer (PC), Laptop, Tablet, dsb. Banyak orang menghabiskan waktu duduk berjam – jam bekerja di depan komputer setiap harinya. Ditambah lagi dengan waktu untuk menuju ke kantor yang juga dihabiskan dengan duduk di kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Aktif bergerak merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Tapi sayangnya, sebagian besar pekerja kantor menghabiskan waktunya dengan duduk diam di balik meja kantor tanpa memerhatikan posisi ergonomis ketika duduk bekerja. Padahal, duduk terlalu lama tanpa mengindahkan posisi ergonomis dapat meningkatkan risiko timbulnya masalah kesehatan, mulai dari nyeri otot leher, nyeri punggung dan pinggang.

Jadi, apa saja yang perlu dilakukan supaya terhindar dari masalah kesehatan tersebut?

Untuk itu, mari kita simak beberapa tips memilih kursi agar bisa tetap nyaman saat duduk dengan waktu yang lama.

  1. Memperhatikan Tinggi Rendahnya Kursi

Untuk bisa duduk dengan nyaman, ketinggian kursi merupakan hal yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan bagi pengguna kursi. Atur posisi ketinggian kursi sesuai tinggi badan dengan memperhatikan posisi kaki. Sebaiknya anda duduk dengan posisi bagian paha yang sejajar horizontal dengan lantai, agar beban tubuh tidak menumpu pada betis dan paha

Source : Raffles PC 9430 I Chairman (chairman.co.id)

2. Memilih Kursi dengan Sandaran Lengan

Sandaran lengan pada kursi berguna untuk menahan lengan agar tidak pegal ketika sedang bekerja. Disarankan memilih sandaran lengan yang dapat membentuk sudut 90 derajat antara lengan atas dan bawah untuk mengurangi ketegangan pada sendi bahu dan leher. Selain itu pilihlah kursi dengan sandaran lengan yang dapat diatur agar posisi lengan bisa sedekat mungkin dengan badan.

Source : Fargo | Highpoint (highpointoffice.com)

3. Memilih Kursi dengan Sandaran Flexibel

Sandaran pada bagian belakang kursi kantor diharapkan bisa menunjang postur tubuh ketika kita duduk. Disarankan memilih kursi yang memiliki sandaran kursi berbentuk melengkung supaya menjadi tumpuan yang baik untuk punggung sehingga akan terasa lebih nyaman saat duduk dalam waktu yang lama. Punggung bagian bawah perlu ditumpu dengan sandaran berbentuk melengkung agar bisa menjaga tubuh tetap tegap meskipun seharian bekerja dengan posisi duduk.

Source : CH256A | Highpoint (highpointoffice.com)

4. Memilih Kursi yang Dilengkapi dengan Roda

Kemampuan pergerakan dari kursi dapat meningkatkan ruang gerak bagi penggunanya. Kursi yang dilengkapi dengan roda dapat membantu pergerakan kursi menjadi lebih leluasa sehingga lebih mudah untuk berpindah tempat tanpa harus merubah posisi badan, hanya cukup dengan menggunakan roda kursi.

Source : Banker | Highpoint (highpointoffice.com)

Itulah beberapa tips dalam memilih kursi yang nyaman digunakan saat bekerja.

Jika Anda berminat untuk membeli kursi untuk kebutuhan bekerja maupun kebutuhan di rumah, Anda dapat menghubungi Cipta Office.