+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Plakat mungkin terdengar familiar bagi Anda, sebab barang yang satu ini sering digunakan sebagai cenderamata atau suvenir pada acara penting. Lantas, apa saja bahan yang bisa digunakan untuk membuat plakat? Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel berikut sampai habis, ya. 

Apa Itu Plakat?

Cipta Office – Plakat secara umum lebih dikenal sebagai papan informasi yang dipajang untuk khalayak. Namun dalam hal ini, plakat yang dimaksud ialah plakat penghargaan kantor. Umumnya plakat seperti ini berukuran 120 X 200 mm atau 145 X 145 mm. Plakat yang banyak digunakan sebagai piala, tanda jasa, ataupun media penghargaan di acara perusahaan. Lain daripada itu, plakat digunakan sebagai suvenir kenang-kenangan di momen yang spesial. 

Bahan Plakat

Nah, apa saja material yang digunakan untuk membuat plakat? Berikut ini jenis-jenis bahan plakat yang perlu Anda ketahui. 

Bahan Plakat Resin

Material plakat yang paling umum digunakan adalah resin yang terbuat dari getah pohon yang mengeras. Plakat yang terbuat dari resin lebih digemari karena memiliki awet, tahan terhadap berbagai cuaca dan juga serangan hewan. Untuk itu secara harga, plakat yang terbuat dari resin dinilai lebih mahal dibandingkan plakat kayu maupun akrilik.

Baca juga: Mau Buat Kartu Nama? Jangan Lupa Cantumkan 6 Hal Ini!  

Plakat Kayu

Bagi Anda yang mencari plakat dengan model yang unik, spesial, dan hangat maka bisa memilih plakat kayu. Plakat dengan material yang satu ini sangat cocok untuk kenang-kenangan kolega yang resign maupun pensiun. Sebab, kayu mudah untuk diukir maupun dibentuk berbagai rupa. Akan tetapi, plakat kayu juga memiliki kekurangan. Yakni rentan terhadap serangan hewan dan ruang yang lembab. 

Bahan Plakat Akrilik

Jenis material selanjutnya yang sering digunakan untuk plakat ialah akrilik. Dibandingkan kedua bahan sebelumnya, plakat akrilik memiliki banyak keunggulan. Di antaranya mudah untuk dibentuk, bening, tembus pandang, dan 30% lebih ringan daripada kaca. Daripada itu, plakat akrilik juga digemari karena tahan pada benturan, cuaca, dan harganya yang terjangkau.

Plakat Logam

Sesuai namanya, plakat logam terbuat dari logam dan material lain yang sejenis seperti aluminium, stainless steel, dan kuningan. Jika Anda membutuhkan plakat dengan desain yang detail, unik, dan mewah, maka plakat logam adalah solusinya.

Baca juga: Ingin Membuat Company Profile? Perhatikan Hal Ini! 

Plakat Fiber

Bahan fiber sering kali dianggap mirip dengan akrilik. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Fiber atau fiberglass terbuat dari serat kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Sedangkan akrilik merupakan lembaran plastik super keras yang menyerupai kaca. Jadi terlihat jelas bahwa bahan fiber dari serat kaca dan akrilik dari lembaran plastik.

Nah, apa keunggulan plakat fiber dibandingkan akrilik? Plakat fiber lebih tebal, padat, berat, dan bisa diwarnai atau diberi glitter. Selain itu, plakat fiber juga bisa dikombinasikan dengan beragam bahan lain seperti logam, jam, pen holder, dan sebagainya. Untuk itu, jika Anda membutuhkan plakat dengan desain yang super mewah bisa menggunakan plakat fiber. 

Plakat Penghargaan Custom di Karawang

Butuh plakat untuk kebutuhan award perusahaan, event, maupun suvenir di momen spesial? Maka Cipta Office adalah solusi yang tepat untuk Anda. Anda bisa membuat plakat yang bisa disesuaikan dengan desain dan bahan yang dibutuhkan. Klik atau tombol di bawah untuk melakukan pemesanan.