+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Anda pasti sudah cukup sering mendengar istilah bekerja di “coworking space” bukan? Nah, istilah ini memang cukup sering disebutkan saat sedang membicarakan topik tentang bekerja. Istilah yang berasal dari bahasa Inggris ini digunakan untuk ruang kerja yang digunakan bersama oleh lebih dari satu pihak untuk kepentingan pekerjaan. 

Coworking space sangat membantu untuk perusahaan yang baru dirintis dan belum memiliki kantor tetap. Nah, jika Anda adalah pebisnis baru, artikel ini sangat tepat untuk Anda. Simak selengkapnya mengenai coworking space pada artikel berikut. 

Baca juga: Kenali 4 Jenis Tata Ruang Kantor untuk Kantor Baru yang Lebih Nyaman

Asal-usul Coworking Space 

suasana bekerja di coworking space

Coworking space terdiri dari 2 istilah yaitu “coworking” dan “space”. Coworking bermakna aktivitas menggarap sesuatu yang dilakukan bersama-sama. Entah itu dalam satu perusahaan yang sama ataupun berbeda. Nah, space sendiri maknanya adalah sebuah tempat atau area. Kalau digabungkan, “Coworking space” bermakna area yang dapat digunakan untuk bersama-sama untuk bekerja, dalam hal ini adalah orang yang terlibat dalam lingkungan kerja. 

Nah, konsep ini sebenarnya sudah cukup lama digunakan. Namun, di Indonesia sendiri mulai banyak digunakan beberapa tahun sampai satu dekade ke belakang karena kerjasama antar perusahaan yang semakin meningkat. 

Kelebihan Bekerja di Coworking Space

bekerja di coworking space membuat Anda termotivasi

Menjalin networking yang sesuai 

Kantor yang Anda tempati untuk perusahaan tempat anda bekerja sendiri hanya akan mempertemukan Anda dengan orang-orang yang sama. Di coworking space, karena areanya sangat memudahkan kolaborasi, Anda jadi punya networking yang sesuai dengan bisnis. Siapa tahu ada projek baru yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda ke depannya?

Memudahkan diskusi 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena tata ruang cenderung terbuka, Anda jadi bisa saling berkomunikasi dengan mudah. Karena bekerja di ruang yang sama, menjalin relasi dengan pekerja lain jadi lebih mudah. 

Suasana kerja terasa lebih suportif 

Coworking space umumnya didesain secara modern dan lebih menarik. Hal ini karena berbagai pekerja dari latar belakang menggunakan tempat tersebut sehingga desain pun dibuat senyaman mungkin. Suasana tempat yang tidak monoton dan cenderung fun akan membuat kamu makin merasa ingin produktif dan tidak mudah bosan di dalam ruangan. 

Kekurangan Bekerja di Coworking Space

bekerja di working space juga rentan distraksi

Privasi kurang terjaga

Di dalam ruangan yang sama, sangat mungkin untuk bertemu dengan berbagai pekerja yang berasal dari beragam perusahaan. Hal ini membuat privasi jadi kurang terjaga dan Anda kesulitan mendiskusikan hal yang pribadi dengan sesama rekan kerja. 

Konflik cenderung terjadi

Akan selalu ada perbedaan ada di dalam satu ruangan, sesekali mungkin saja terjadi gesekan antara Anda dan rekan kerja. Hal ini sangat umum terjadi antara perusahaan yang berbeda, apalagi jika keduanya adalah kompetitor satu sama lain. 

Nah, tadi adalah serba-serbi bekerja di coworking space yang perlu Anda ketahui. Kalau Anda adalah salah satu yang bekerja di coworking space, siapkan pula perlengkapan yang memadai agar ritme kerja Anda tak terganggu. Wujudkan suasana kantor impian bersama Cipta Office dan Cipta Grafika