+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Brankas Aman – Barang berharga bisa berbentuk macam-macam, misalnya uang, perhiasan, emas, dan lainnya. Barang berharga tersebut tentunya perlu berada di tempat aman seperti brankas. Brankas bisa digunakan di berbagai tempat karena barang berharga bisa berada di mana saja, misalnya kantor, rumah, hotel, atau tempat lainnya. Agar Anda lebih memahami tentang brankas, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. 

Pengertian Brankas

Kata brankas berasal dari bahasa Belanda yaitu branden dan kast. Branden memiliki arti membakar dan kast artinya adalah lemari, sehingga jika diartikan brankas adalah lemari yang tahan terhadap kebakaran. Menurut KBBI, penulisan yang benar adalah brankas bukan brangkas. Dilansir dari KBBI, brankas memiliki arti sebagai lemari yang terbuat dari besi seperti baja atau logam lain sebagai tempat menyimpan uang atau barang berharga. 

Barang berharga yang dimasukkan dalam brankas biasanya berupa uang, perhiasan, emas batangan, hingga surat-surat berharga. Bahan yang digunakan untuk membuat brankas tentunya perlu tahan dari berbagai serangan seperti serangan api, pemotongan, bor, dan lainnya. Sebuah brankas juga perlu untuk bisa tahan api karena kebakaran, pencurian, serta pembobolan. 

Baca Juga: Bisnis Semakin Dikenal dengan Membuat Company Profile Perusahaan

Bentuk dan Ukuran Brankas

Secara umum, bentuk brankas biasanya adalah kubus atau balok. Selain kedua bentuk tersebut ada juga brankas yang berbentuk silinder. Pemilihan ukuran brankas tidak bisa sembarangan. Hal ini dikarenakan brankas memiliki fungsi yang berbeda tergantung ukurannya. 

1. Brankas Portable

Jika Anda membutuhkan sebuah brankas yang dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan ukuran yang begitu besar, Anda bisa menggunakan brankas portable. Ukurannya yang hanya memiliki panjang 20 cm dengan lebar 16 cm serta tinggi 9 cm, membuat  brankas ini cocok untuk Anda bawa ke mana-mana. Dilengkapi dengan pegangan atau handle semakin membuat Anda lebih mudah menggunakannya. Ukuran serta bentuknya yang sederhana membuat jenis brankas ini cocok untuk menyimpan uang. 

2. Brankas Kecil

Biasanya brankas kecil akan kamu temukan saat menginap di hotel. Dengan sistem pengamanan menggunakan pin maka akan lebih aman untuk meninggalkan brankas di kamar. Brankas ini memiliki ukuran 31 cm x 20 cm x 20 cm. Ukurannya yang kecil membuat brankas ini dapat menyimpan berbagai macam perhiasan kecil dan uang.  Biasanya jenis brankas ini akan ditaruh didalam lemari. 

3. Brankas Sedang

Jika brankas kecil tidak cocok untuk menyimpan barang berharga Anda karena berukuran terlalu kecil, Anda bisa menggunakan brankas sedang. Ukuran brankas sedang adalah 36 cm x 33 cm x 45 cm. Ukurannya yang cukup besar membuat jenis brankas ini bisa digunakan untuk menyimpan surat-surat berharga Anda. 

4. Brankas Persegi Panjang 

Jika Anda ingin menyimpan lebih banyak barang, Anda bisa mencoba menggunakan brankas persegi panjang.  Biasanya brankas ini memiliki ukuran 45x38x23 cm. Dengan ukurannya yang cukup besar dapat menyimpan banyak barang berharga dengan ukuran yang agak besar seperti dokumen-dokumen berharga contohnya sertifikat tanah. 

5. Brankas Kotak Besar

Anda masih membutuhkan brankas dengan ukuran yang lebih besar? Brankas Kotak Besar ini sepertinya cocok untuk Anda. Dengan ukuran 60 cm x 57 cm x 92 cm tentunya brankas ini bisa menampung barang berharga Anda lebih banyak dna aman tanpa takut terlipat. Ukurannya yang besar dapat memuat lebih banyak barang berharga Anda, misalnya seperti emas batangan, uang tunai, sertifikat tanah, dan lainnya.

6. Brankas Lemari Besar

Jika menurut Anda sebuah brankas kotak masih terlalu kecil dan Anda memerlukan brankas yang sangat besar, brankas lemari besar ini cocok untuk Anda. Dengan ukurannya yang cukup besar yaitu sekitar 140 cm atau 1,4 m, Anda bisa menyimpan lebih banyak barang berharga dan barang berharga Anda tidak akan tercecer di banyak tempat karena bisa ditemukan di satu tempat saja. 

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Ruang Kerja yang Kecil Agar Lebih Fokus

Fitur Keamanan Brankas

Untuk melindungi barang berharga yang ada di dalamnya, brankas memiliki fitur keamanan yang dibuat seaman mungkin. Kunci keamanan brankas bisa berupa kunci digital, kunci analog, atau keduanya. Biasanya brankas yang memiliki kunci ganda adalah brankas yang tahan api dan dobrak.  Kunci keamanan brankas dibedakan menjadi kunci kombinasi putar, kunci panjang, dan kunci kecil.   

Kunci kombinasi brankas ada dua macam, yaitu kunci yang sudah di set pabrik dan tidak bisa diganti dan kunci kombinasi putar yang bisa di set sesuai keinginan memiliki 3-4 nomor kombinasi. Jenis kunci lainnya ada kunci panjang yang bisa menggunakan satu sisi atau dua siis dengan minimal panjang 10 cm. Sisi-sisi kunci panjang disebut dengan bendera. Terakhir, ada jenis kunci kecil yang bisa Anda temukan pada jenis brankas analog atau digital dan bentuknya mirip seperti bentuk kunci lemari. Kompleksitas dari sistem kunci brankas tidak menjadi sebuah jaminan utama keamanan sebuah brankas karena itu hanyalah sebuah sistem untuk membuka brankas dan buka poin utama kekuatan brankas. 

Fungsi Brankas

Fungsi utama dari brankas adalah untuk memberikan sebuah perlindungan pada barang berharga yang ada di dalamnya. Meski begitu, sebuah brankas memiliki banyak fungsi lainnya. Brankas dilengkapi dengan penguncian dengan jenis yang berbeda berguna untuk melindungi barang berharga dari pencurian. Selain itu, adanya lapisan tahan api membuat brankas mempunyai perlindungan lebih untuk barang berharga Anda agar tidak dilalap api dalam kebakaran

Brankas juga berfungsi untuk melindungi barang berharga saat terjadinya bencana alam. Dengan adanya lapisan yang bisa mengisolasi barang yang berada di dalam agar tetap aman. Dengan  adanya brankas Anda akan merasa lebih tenang untuk meninggalkan barang berharga Anda karena memiliki tempat yang aman. Perlindungan yang ditawarkan brankas membuat Anda bisa mengurangi resiko kerugian finansial yang mungkin terjadi. 

Baca Juga: 5 Cara Menata Meja Kantor Biar Makin Produktif – Cipta Office

Itu adalah penjelasan lengkapnya tetangga brankas. Pembelian brankas bisa Anda lakukan di Cipta Office. Selain brankas, Cipta Office juga menyediakan segala kebutuhan kantor Anda. Pemesanan bisa Anda lakukan dengan menghubungi nomor di link ini atau klik tombol yang ada di bawah ya!