+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Salah satu peralatan perusahaan yang penting dan masih banyak digunakan sampai saat ini adalah buku agenda. Buku yang hampir serupa dengan alat tulis ini sangat berguna untuk mencatat banyak hal. Mulai dari pengeluaran sehari-hari, agenda kerja, hasil diskusi, atau bahkan coretan yang tak terlalu penting dapat Anda tuangkan di sini. Meskipun saat ini banyak alternatif lebih modern seperti aplikasi yang berfungsi layaknya buku agenda, buku agenda custom dalam bentuk fisik masih saja digunakan oleh banyak kalangan. 

Buku agenda memiliki keunggulannya sendiri yang membuat fisiknya berbeda dengan aplikasi modern. Selain memberikan kepuasan tersendiri melalui aktivitas menulis yang bisa menjadi terapi, memiliki buku ini juga membuat Anda merasakan kepemilikan yang membuat Anda ingin merawatnya dengan baik. Terlebih lagi jika buku agenda Anda punya model yang unik dan desain yang lucu, pasti Anda juga ingin menggunakan dan menyimpannya sebaik mungkin. 

Baca juga: Cara Mendesain Kartu Nama dalam 6 Langkah Mudah

Secara fungsinya sendiri, buku agenda berfungsi untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan sehari-hari. Namun, karena desainnya yang sudah semakin beragam, buku agenda bahkan bisa Anda jadikan untuk menulis jurnal lho! Simak terus informasi mengenai buku agenda agar Anda mendapatkan pilihan yang tepat. 

Inspirasi Desain Buku Agenda

buku agenda custom desainnya bisa dipersonalisasi

Menulis kas masuk dan keluar mungkin bukan hal yang membangkitkan semangat seperti menulis jurnal atau curahan hati. Namun, apa yang Anda tuangkan akan sangat penting untuk menjaga pengeluaran agar tidak berlebih dan tetap seimbang pada periode berikutnya. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengantisipasi hal ini dengan berbagai kemungkinan. Untuk itu, atasi hal ini dengan mennggunakan buku agenda yang dicetak dengan desain yang kamu sukai.

Jenis Buku Agenda Custom 

Buku agenda custom dapat Anda buat sebebasnya mulai dari bagian sampul yang bisa dibuat tebal (hard cover) atau tipis (soft cover) sampai format bagian dalam yang bisa dipersonalisasi. Selain itu, desainnya juga bisa Anda cetak dengan motif tertentu yang bisa disesuaikan dengan isian buku.

Ketika akan membuat buku agenda custom, ada baiknya Anda tahu jenis buku yang tepat agar dapat digunakan dengan optimal. Secara umum, terdapat dua jenis buku agenda yang biasa digunakan:

– Buku agenda tunggal

Format yang digunakan adalah nomor berurut dalam satu halaman yang digunakan untuk mencatat kas masuk dan keluar.

– Buku agenda berpasangan

Jika pada jenis tunggal format nomornya dibuat berurutan, pada jenis berpasangan nomornya dipisah. Dalam hal ini, sistem catatan pengeluaran akan dibuat dalam bentul tabel dan kolom sehingga Anda dapat mengisinya dengan lebih tertata.