+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Apakah Anda mengetahui apa itu company profile perusahaan? Bagi Anda yang bekerja di perkantoran harus mengetahui cara membuat dokumen penting yang satu ini. Sebab, company profile dibutuhkan ketika sebuah perusahaan menjalin kerja sama dengan calon klien. 

Apa Itu Company Profile Perusahaan?

Company profile atau profil perusahaan adalah sebuah dokumen yang biasanya digunakan untuk memperkenalkan perusahaan. Umumnya, dokumen ini memuat beragam informasi vital terkait perusahaan. Mulai dari sejarah, visi, misi, informasi produk atau jasa dan informasi lainnya termasuk prestasi perusahaan.  

Melalui profil perusahaan, calon klien atau investor mampu mengenal identitas perusahaan sehingga tertarik untuk melakukan kerja sama. Company profile juga berfungsi sebagai pembeda perusahaan dengan pesaing. Termasuk sebagai media promosi untuk membangun citra positif perusahaan sehingga mudah dikenali oleh klien, investor, dan khalayak masyarakat.  

Singkatnya, dengan adanya company profile yang berkualitas mampu menggaet dan menawarkan harga jual yang lebih tinggi pada klien.

Baca juga: Apa Itu Corporate Identity? Cari Tahu Jawabannya di Sini!     

Struktur Company Profile

Apa saja yang seharusnya ada di dalam company profile? Ini dia rinciannya:

Detail Perusahaan

Paling penting dan wajib ada di company profile adalah detail perusahaan itu sendiri. Detail ini bisa meliputi nama perusahaan, alamat lengkap, nomor telepon, email, hingga situs website.  

Informasi Dasar

Hal lainnya yang perlu dicantumkan adalah informasi dasar yang relevan dan perlu diketahui oleh publik. Misalnya deskripsi singkat perusahaan, sejarah, visi misi, struktur organisasi perusahaan, dan deskripsi produk atau jasa yang ditawarkan. 

Khusus detail produk atau jasa, pastikan Anda memberikan deskripsi yang jelas. Mulai dari nama, kegunaan, spesifikasi, keunggulan, dan penjelasan rinci mengenai produk yang disertai dengan gambar yang sesuai. 

Highlight

Makna highlight adalah informasi penting yang menjadi fokus atau detail-detail yang perlu diketahui oleh calon klien mengenai perusahaan. Informasi ini ditargetkan dapat menjadi pembeda perusahaan dengan pesaing dan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya penghargaan, sertifikasi, proyek dan program khusus, testimoni pihak ketiga, hingga publikasi di media massa.

Baca juga: 8 Jenis Map Arsip: Ketahui Jenis dan Kegunaannya Lebih Dulu

Item Opsional

Bagian yang satu ini memang tak harus ada pada company profile, tapi bisa menjadi poin plus jika ada. Sebab, calon klien atau investor bisa mengetahui seberapa besar target yang ingin dicapai perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Contohnya sales tahunan, target finansial perusahaan, jumlah karyawan, partner bisnis, dan dokumentasi perusahaan. 

Contoh Company Profile Perusahaan

Anda tidak perlu bingung dalam bentuk apa company profile dibuat. Sederhananya, Anda bisa membuat dokumen ini dalam berbagai desain dan bentuk, baik cetak maupun digital. 

Buku

Membuat company profile dalam bentuk buku menjadi pilihan yang paling umum digunakan oleh pebisnis. Sebab, company profile dalam bentuk buku bisa memuat informasi yang lebih lengkap tapi tetap menarik untuk dibaca.

Brosur

Selain dalam bentuk buku, brosur juga bisa menjadi media yang menjelaskan profil perusahaan secara singkat dalam bentuk lembaran. Bentuknya yang tipis dan ringan dianggap efektif sebagai media pengenalan dan promosi.

Baca juga: Tips Memilih Kursi Kantor yang Nyaman, Sudah Tahu?  

Website

Di era modern yang serba digital ini, keberadaan website company profile sangat penting bagi setiap perusahaan. Selain sebagai sumber informasi, website juga bisa dijadikan sebagai media komunikasi, portofolio, dan juga branding perusahaan.  

Video

Video profil perusahaan dapat membantu perusahaan menjangkau audiens yang lebih luas. Karena video dapat diakses dengan mudah dan dibagikan di berbagai platform digital, seperti YouTube, Instagram, dan media sosial lainnya.

Company Profile Slides

Terakhir, profil perusahaan bisa juga dalam bentuk slides. Umumnya, slides yang berisi profil pemting ini digunakan untuk mempromosikan perusahaan kepada calon klien. Selain itu, profil perusahaan dalam bentuk slides dapat mempermudah presentasi perusahaan kepada calon klien, investor, atau masyarakat umum. 

Demikian penjelasan singkat mengenai profil perusahaan. Anda bisa mencetak company profile di Cipta Office untuk hasil printing yang tajam dan berkualitas. Untuk melakukan pemesanan klik link ini atau tombol di bawah, ya.