+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Saat tengah bekerja, biasanya selalu ada hal-hal yang membuat kita terdistraksi dan jadi sulit fokus seperti mood yang tiba-tiba berubah. Untuk urusan yang satu ini, mungkin setiap orang punya cara mengatasinya masing-masing. Tetapi, tahukah Anda bahwa meningkatkan mood saat bekerja dapat dilakukan dengan hal yang kecil seperti membuat meja kerja tertata dengan rapih? Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menata meja kerja yang baik agar Anda bisa melakukannya sendiri. 

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari Princeton University yang menyatakan bahwa ruangan yang kacau dapat berpengaruh pada produktivitas kerja. Dengan begitu, merapikan meja serta ruang kerja secara rutin akan berdampak baik bagi kinerja Anda. Cara menata meja kerja sebetulnya tak sulit, Anda bisa mengupayakan dari hal-hal yang kecil untuk merapikan meja seperti berikut:

Baca juga: Mengenal Jenis Partisi Kantor, Penyekat Meja Kerja yang Menjaga Privasi Anda 

Cara Menata Meja Kerja Agar Lebih Produktif

cara menata meja kantor dapat dimulai dengan merapikan meja

– Gunakan sticky notes untuk reminder

Untuk mengingatkan Anda mengenai job desk yang harus dikerjakan, sebaiknya gunakan sticky notes agar bisa diletakkan di sekitar space kerja Anda agar semakin terlihat saat bekerja. Namun, jika dirasa terlalu banyak hal yang harus diingatkan, ada baiknya Anda menuliskan job desk reminder pada buku agenda atau aplikasi tertentu. 

– Kurangi dekorasi di meja

Agar meja Anda tak terlihat penuh dan mengganggu, sebaiknya kurangi dekorasi yang ada di atasnya. Perkirakan apa saja yang bisa Anda kurangi atau tambahkan di meja kerja Anda untuk membangkitkan semangat di tengah-tengah aktivitas. Pilihlah hanya dekorasi tertentu seperti tanaman kecil yang akan memicu kreativitas. 

– Perhatikan tinggi meja 

Bekerja menggunakan meja dan kursi mengharuskan Anda untuk mengatur ketinggian yang sesuai. Jika terlalu tinggi, leher Anda harus menenggak dan keadaan seperti ini kurang baik untuk otot leher. Meja dengan tinggi yang sesuai akan membuat tubuh Anda rileks dan tak mudah pegal saat bekerja. 

– Pilih meja yang dilengkapi dengan kabinet tambahan atau laci

Kalau Anda adalah tipe orang yang bekerja dengan melibatkan cukup banyak barang, ada baiknya pilih meja kerja yang memiliki laci atau kabinet tambahan.  Namun, pastikan juga bagian kabinet ini tak menghalangi kaki Anda saat bekerja. Hal-hal seperti ini harus diperhatikan agar Anda tak mengalami gangguan 

– Gunakan warna netral

Untuk di ruang kerja, sebaiknya gunakan perpaduan warna yang netral. Warna-warna yang cerah membantumu bersemangat saat bekerja. Sementara warna netral akan memberikan efek yang lebih menenangkan. Kelembutan dari warna yang netral akan menyalurkan energi yang kurang baik bagi beberapa orang. Namun untuk sebagian yang lain warna ini dapat memberikan suasana yang tenang dan membantu untuk fokus. 

5 hal di atas dapat dicoba untuk menata meja kerja di kantor atau ruangan kerja Anda agar membantu lebih produktif. Temukan meja kerja yang Anda inginkan dan sesuai dengan kebutuhan di Cipta Office.