+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Partisi ruangan adalah penyekat yang digunakan sebagai pemisah ruang satu dengan ruang lainnya. Fungsi penyekat tidak jauh berbeda dengan tembok, hanya saja penyekat bersifat non permanen. Sehingga mudah dipindahkan tanpa perlu mengeluarkan tenaga dan dana lebih untuk membobolnya.

Bahan Ideal untuk Partisi Ruangan Kantor

Partisi Ruangan Kaca

Penyekat kantor berbahan dasar kaca menjadi salah satu jenis material yang paling banyak digunakan perusahaan swasta. Sebab, penyekat kaca memberikan ilusi ruangan yang tampak luas, mewah, dan memungkinkan cahaya matahari masuk ke ruangan.

Umumnya penyekat kaca tidak selalu full kaca, tetapi bisa juga dikombinasikan dengan bahan lain. Misalnya rangka aluminium, kayu, dan sebagainya. Untuk membuat penyekat kaca, perhatikan jenis, ukuran, dan ketebalan kaca yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan kaca jenis tempered glass untuk penyekat kaca tanpa rangka dengan ukuran besar.  

GRC

GRC atau Glassfibre Reinforced Concrete merupakan bahan penyekat dari material komposit yang mirip dengan gypsum. Kelebihan GRC sebagai penyekat ruangan yakni tahan terhadap cuaca, kuat, dan ringan untuk dipasang. Selain itu, harga GRC masih cukup terjangkau dan bisa didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Gypsum

Gypsum menjadi material yang paling sering digunakan untuk penyekat ruangan kantor. Selain bisa dijadikan penyekat, bahan gypsum umum digunakan sebagai penutup plafon atau langit-langit ruangan.

Kelebihan gypsum adalah mampu menahan api cukup lama, ringan, murah, dan mudah untuk dipasang. Namun sayangnya gypsum tidak tahan air. Sehingga gypsum lebih cocok digunakan untuk menyekat ruangan yang kering dan tidak lembap.

Baca juga: Apa Saja Jenis dan Manfaat Partisi?

Kayu

Penyekat berbahan dasar kayu sering menjadi pilihan sebuah perusahaan karena mampu menciptakan kesan hangat, artistik, serta ramah lingkungan. Penyekat kayu juga dapat dipadu padankan dengan berbagai gaya interior mulai dari pedesaan hingga kontemporer. 

Sedangkan kekurangan penyekat kayu adalah harganya yang sedikit lebih mahal ketimbang penyekat bahan lainnya seperti gypsum. Apalagi jika kayu yang Anda gunakan adalah kayu solid keras seperti jati, merbau, dan semisalnya. 

Nah meskipun harganya “cukup” mahal, perawatan penyekat kayu tak terlalu sulit. Anda bisa membersihkannya secara rutin dengan kemoceng dan menyemprotkan cairan khusus untuk kayu sesekali.

Besi

Besi merupakan bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat penyekat ruangan. Penyekat besi banyak dipilih karena mampu dibuat dengan berbagai desain yang menarik dan detail yang jelas. Kelebihan lain penyekat besi adalah perawatannya yang mudah, anti karat, mudah dipasang, dan tidak mudah terbakar. Namun kekurangannya penyekat besi yakni tidak cukup kedap suara karena biasanya partisi besi lebih digunakan untuk partisi dekoratif.

Papan Blok

Papan blok adalah jenis triplek berukuran tebal yang biasanya digunakan sebagai pengganti kayu untuk menyekat ruangan. Dengan kualitas tak jauh berbeda dengan kayu, papan blok bisa didapat dengan harga yang lebih murah. Sehingga mampu menekan biaya operasional untuk membuat partisi papan blok.

Tips Memilih Partisi Ruangan 

Lantas, bagaimana cara memilih penyekat untuk ruangan? Berikut ini tipsnya:

Tentukan Ukuran dan Desain Penyekat

Penyekat tersedia dalam berbagai bentuk yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Maka dari itu tentukan ukuran dan desain penyekat berdasarkan kebutuhan ruang kantor Anda. Apakah Anda membutuhkan penyekat full sampai atap, setengah dinding, mudah dipindahkan dan sebagainya.

Baca juga: Begini Tips Merawat Furnitur dari Kayu Agar Tak Mudah Rusak

Memilih Material Penyekat Berdasarkan Alokasi Dana

Saat ini ada berbagai pilihan material yang bisa digunakan untuk membuat penyekat. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu sesuaikan material yang digunakan dengan dana yang Anda miliki. 

Bandingkan Kualitas Partisi Ruangan

Sebelum membeli penyekat, jangan lupa untuk membandingkan kualitas dan bahan yang digunakan oleh setiap merek. Pilih penyekat yang tahan air, benturan dan mudah perawatannya.

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memilih dan menentukan bahan partisi ruangan untuk perusahaan Anda. Untuk memenuhi kebutuhan penyekat ruangan kantor Anda, silakan percayakan pada Cipta Grafika di link ini atau klik tombol di bawah, ya.