+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Penghujung akhir tahun tinggal dihitung jari dan kebutuhan kalender 2024 terus meningkat. Namun sebelum Anda mencetak kalender, pahami bentuk-bentuknya terlebih dahulu agar penggunaannya lebih maksimal. Baca artikel di bawah ini sampai habis, ya!

Apa Itu Kalender? 

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalender merupakan sebuah sistem penanggalan hari dan bulan dalam setahun. Selain berfungsi sebagai acuan penanggalan, kalender juga bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari media promosi, suvenir, merchandise perusahaan hingga dekorasi meja kerja.  

Bentuk-bentuk Kalender 2024

Kalender Meja (Desk Calendar)

kalender-meja

Bentuk kalender umum selanjutnya adalah kalender meja atau yang lebih dikenal dengan sebutan kalender duduk. Kalender ini dibekali penyangga sehingga lebih kokoh dan tidak mudah jatuh. Umumnya kalender meja ditempatkan di tempat-tempat yang memiliki permukaan datar seperti di atas meja kerja ataupun rak lemari.  

Kalender Dinding (Wall Calendar)

kalender dinding

Wall calendar atau kalender dinding merupakan kalender dengan bentuk standar yang paling populer diketahui dan digunakan oleh orang-orang. Ukuran standar kalender dinding adalah 30 x 30 cm dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan bahan yang digunakan adalah art carton atau art paper yang cukup tebal sehingga tidak mudah robek.

Nah, kalender dinding sendiri terbagi menjadi empat jenis. Kalender dinding satu tahun, kalender setiap bulan, kalender beberapa bulan, dan kalender per hari.

Baca juga: Apa Manfaat dan Jenis Filling Cabinet?

Kalender Poster (Poster Calendar)

kalender poster

Sebenarnya kalender poster dan kalender dinding bisa disebut sama tapi tak serupa. Perbedaan keduanya terletak pada finishing-nya saja. Kalender dinding menggunakan finishing spiral atau jepit kaleng. Sedangkan kalender poster menggunakan selotip untuk menempelkannya pada dinding atau permukaan datar lainnya seperti lemari. 

Kalender Mini (Mini Calendar)

kalender-mini 

Sesuai dengan namanya, kalender mini memiliki bentuk yang minimalis dan juga ringan sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Ukuran kalender mini biasanya sama atau tidak jauh berbeda dengan kartu nama. Oleh karena itu, kalender mini bisa dimasukkan ke dalam tas atau bahkan ke dalam dompet.

Kalender Buku Agenda (Notebook/Planner Calendar)

kalender-buku-agenda

Terakhir, Anda tentu sudah tidak asing dengan buku agenda bukan? Biasanya buku agenda menyertakan kalender di dua halaman paling awal atau halaman terakhir. Selain itu, penempatan kalender pada buku juga semakin beragam seperti planner contohnya. Planner biasanya menyertakan kalender di setiap halaman, sehingga pengguna dapat melihat jadwal dan aktivitas harian mereka secara keseluruhan dalam satu pandangan.

Baca juga: Apa Itu Ordner dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Itu dia beberapa bentuk kalender yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tertarik untuk cetak kalender 2024 custom dengan bentuk, desain, finishing dan bahan khusus untuk promosi perusahaan atau kebutuhan pribadi? Cipta Office bisa membantu mewujudkan keinginan Anda.

Klik link ini atau tombol di bawah untuk melakukan pemesanan dan dapatkan harga terbaik dengan pembelian dalam jumlah banyak!