+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Istilah CSR mungkin masih terdengar asing bagi Anda yang tidak bergelut di dunia bisnis. Lantas apakah yang dimaksud dengan CSR perusahaan? Simak artikel berikut sampai habis untuk mengetahui jawabannya. 

Apa Itu CSR Perusahaan

Cipta Office – CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan sebuah program yang wajib dimiliki oleh tiap perusahaan. Program yang satu ini merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar. Sederhananya, CSR adalah program kepedulian instansi pada tempat ia beroperasi. 

Manfaat CSR Perusahaan

CSR Bagi Perusahaan

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan melalui hadirnya program ini. Sebut saja mampu meningkatkan brand awareness perusahaan, membuka prospek kerja sama, menjadi pembeda dengan pesaing, dan semisalnya. Selain itu, program ini juga turut mendongkrak penjualan karena perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat dan lingkungan sekitar.

Bagi Masyarakat

CSR membawa banyak manfaat untuk masyarakat setempat dalam berbagai aspek. Misalnya terbuka lapangan pekerjaan baru, masyarakat mendapatkan pelatihan secara gratis, mendapat bantuan dana, dan lain-lain.

Baca juga: Pentingnya Corporate Identity, Sudah Tahu?

Bagi Lingkungan

Program-program CSR dapat membawa dampak positif bagi lingkungan itu sendiri. Misalnya perusahaan membuat program bersih lingkungan. Maka secara alamiah, masyarakat, perusahaan, dan pihak lain saling bergotong royong berbuat kebaikan demi lingkungan yang ditempati bersama-sama. 

Contoh CSR di Indonesia

Ada banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan sebagai program CSR. Berikut ini beberapa contoh program CSR:

CSR Perusahaan di Bidang Ekonomi 

Program CSR yang bisa dilakukan dalam bidang ekonomi yakni membantu meningkatkan taraf ekonomi sekitar. Misalnya kegiatan memberikan dana sumbangan, support UMKM, dan lain sebagainya. 

Bidang Kesehatan

Contoh CSR di bidang kesehatan adalah di antaranya program vaksinasi, cek kesehatan gratis, donor darah, sunat masal, imunisasi anak, dan program kesehatan lainnya.

Baca juga: Apa Itu Company Profile Perusahaan?

Bidang Lingkungan

Di bidang lingkungan, perusahaan bisa mengusung beragam CSR yang memiliki dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Sektor pendidikan misalnya memberikan bantuan dana pendidikan dan seminar terkait pendidikan. Kemudian program lingkungan contohnya mengadakan kegiatan bersih lingkungan, seminar pengolahan limbah, dan semisalnya.  

Bidang Infrastruktur

Ada banyak program CSR yang bisa dilakukan di bidang infrastruktur. Contohnya perusahaan membangun tempat ibadah, memperbaiki jalan, dan program lainnya yang dapat mendorong infrastruktur masyarakat setempat.

Baca juga: Mengapa Budaya Kerja Positif Penting Bagi Perusahaan dan Karyawan? 

Bidang Budaya

Untuk bidang budaya, perusahaan bisa membuat kegiatan yang mengusung kesenian. Misalnya semarak budaya, pelestarian seni daerah, dan sebagainya. 

Demikian pembahasan singkat mengenai CSR perusahaan. Ikuti terus Cipta Office untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai edukasi bisnis, perusahaan, dan percetakan. 

Butuh filling cabinet, meja, kursi kerja, dan kebutuhan kantor lainnya? Anda bisa memesannya di Cipta Office Galuh Mas Karawang. Klik di sini untuk konsultasikan kebutuhan kantor Anda sekarang juga.