+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Billboard menjadi salah satu media periklanan yang paling mencolok yang dapat Anda temui di sepanjang jalan raya dan di daerah perkotaan. Namun, untuk membuat billboard agar benar-benar efektif, desain menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, Cipta Grafika akan membahas tentang desain billboard yang efektif untuk memikat perhatian serta meningkatkan kesadaran merek Anda untuk banyak orang.

desain billboard

Billboard

 

Desain Billboard yang Menarik Perhatian!

1. Kesederhanaan Adalah Kunci

Agar semakin efektif penggunaannya, desain billboard perlu dibuat sederhana dan mudah dipahami. Billboard yang dipasang di pinggir jalan raya hanya dilihat oleh pengguna jalan selama beberapa detik untuk menangkap pesan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu pastikan bahwa pesan yang tertulis itu singkat, jelas, dan tidak rumit alias mudah dipahami.

2. Memilih Warna dengan Bijak

Dalam desain, tentunya warna menjadi elemen yang penting. Pilihlah perpaduan warna yang kontras antara satu warna dengan warna lainnya. Pilihlah warna yang mencolok sesuai dengan identitas merek Anda sehingga akan menarik perhatian pengguna jalan.

3. Gunakan Gambar Dengan Kualitas Tinggi

Ketika desain billboard Anda akan menggunakan gambar, maka Anda harus memastikan bahwa kualitas gambar tersebut beresolusi tinggi. Dengan begitu, gambar akan terlihat lebih jelas meski dari jarak yang cukup jauh. Ketika gambar tersebut buram atau pixel-nya terlalu kecil, maka akan memberikan kesan yang kurang profesional, kecuali memang gambarnya buram atau pixel-nya yang kecil dari desain Anda. Selain itu, gambar yang dimuat juga harus relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Font yang Mudah Dibaca

Karena Billboard dipasang di pinggir jalan, maka pilihlah font yang bisa dibaca dengan jelas dari jarak jauh. Anda perlu menghindari font yang terlalu rumit atau yang bersifat dekoratif karena biasanya akan susah dibaca dari jarak jauh. Selain itu, ukuran font juga harus besar jangan terlalu kecil agar dapat dibaca dengan mudah bahkan ketika berada di dalam kendaran.

Baca juga: Billboard Atau Papan Reklame? Ini Dia Pengertiannya dan Manfaatnya!

5. Fokus pada Pesan Utama

Jangan coba-coba memasukkan banyak informasi dalam billboard. Hal ini dikarenakan billboard hanya akan dilihat beberapa detik oleh pengguna jalan. Sehingga jika Anda memasukkan banyak informasi, nantinya informasi tersebut tidak akan sampai kepada audiens.  Anda harus fokus pada pesan utama yang ingin disampaikan. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda? Apa itu penawaran khusus, slogan merek, atau pesan singkat yang mencolok? Pastikan pesan utama tersebut menjadi fokus utama desain Anda.

6. Gunakan Call to Action (CTA)

CTA akan membantu mendorong tindakan dari pengguna jalan raya. Call to Action (CTA) yang digunakan perlu jelas sehingga audiens akan paham apa yang perlu mereka lakukan selanjutnya. Misalnya, “Telepon Sekarang! Penawaran Terbatas!” atau “Kunjungi Toko Kami Sekarang!

7. Pertimbangkan Lokasi Strategis

Lokasi pemasangan billboard sangat penting. Pilih lokasi yang strategis agar banyak orang yang bisa melihat iklan billboard Anda.  Oleh karena itu, Anda perlu survei dimana tempat yang cocok untuk billboard Anda sehingga pesan yang disampaikan tepat sasaran.

8. Billboard Interaktif dan Digital

Billboard menjadi media promosi yang fleksibel. Saat ini tidak hanya billboard cetak, tetapi juga ada billboard digital. Pada billboard digital Anda bisa memasang elemen-elemen interaktif agar pengguna jalan bisa ikut berinteraksi hingga barcode yang bisa mengarahkan ke situs yang promo tersebut. 

Baca juga: 3 Hal yang Hraus Diperhatikan Saat Membuat Desain Amplop Corporate

Desain billboard yang efektif menjadi salah satu kunci untuk memikat perhatian banyak orang. Dengan menjaga kesederhanaan, memilih warna yang tepat, menggunakan gambar berkualitas, dan fokus pada pesan utama, Anda dapat menciptakan iklan billboard yang mengesankan dan berdampak. Ingatlah bahwa billboard adalah investasi dalam periklanan yang dapat memberikan hasil yang signifikan jika dilakukan dengan benar. Untuk memenuhi kebutuhan promosi dengan billboard, Anda bisa memesan billboard ke Cipta Office dengan klik link ini atau klik tombol yang ada di bawah, ya!