+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Konsep minimalis untuk desain interior sekarang sudah memiliki banyak penggemar. Melalui berbagai platform seperti blog, video YouTube, dan lainnya dapat dilihat bahwa semakin banyak orang yang menerapkan konsep ini. Banyak pula yang mulai mengurangi berbagai macam barang di dalam ruangan sehingga hanya menyimpan beberapa yang dianggap penting. Karena hal ini, tak heran gaya desain Japandi mulai disukai dan diterapkan di berbagai tempat. 

Karena gaya yang satu ini cukup unik dan fleksibel, Japandi bisa diterapkan hampir di segala ruangan. Kantor dan ruang kerja di rumah juga bisa menerapkan desain Japandi sesuai dengan yang Anda inginkan. Nah salah satu cara untuk mulai menerapkan gaya Japandi adalah dengan mencobanya dari ruang kerja Anda. 

Baca juga: Mengenal Jenis Partisi Kantor, Penyekat Meja Kerja yang Menjaga Privasi Anda

Asal Usul Desain Japandi Style

 

Gaya Japandi merupakan perpaduan dari dua gaya serta estetika khas Jepang dan Scandinavia. Keduanya mungkin terlihat memiliki gaya yang jauh berbeda namun ternyata dapat melengkapi satu sama lain. Hasil akhirnya terlihat minimalis, terasa hangat, menenangkan, dan tetap mengedepankan fungsi. 

Japandi style mengacu pada kesederhanaan dan minimalisme. Oleh karenanya, kebanyakan elemen yang digunakan selalu mengacu pada karakter minimalis seperti meja kerja yang disetting secukupnya. Sebelum mulai menerapkan, Anda perlu mengetahui elemen apa saja yang ada pada style Japandi. 

Elemen Kunci dari Gaya Japandi

Furniture yang fungsional dan minimal

desain japandi style menekankan pada fungsi

Gaya japandi di ruangan apapun mengedepankan furniture yang hanya benar-benar diperlukan. Fungsi dari berbagai furniture ini juga harus jelas. Karenanya furniture yang ada harus menyesuaikan betul dengan jenis pekerjaan Anda. Sebaiknya sortir terlebih dahulu berbagai kemungkinan furniture yang ingin Anda beli agar hanya menggunakan beberapa yang sesuai. 

Tempat yang rapih dan tertata 

Tempat yang rapih merupakan karakter lain dari style Japandi. Ruangan dengan furniture yang secukupnya akan lebih mudah untuk dirapikan agar bersih dan tertata.

Warna kontras

Meskipun salah satu elemennya adalah warna yang kontras, gaya ini tetap mengedepankan hasil yang hangat dan homey serta menenangkan saat dipandang. Oleh karena itu, penggunaan warna yang dimaksud bukan warna yang mencolok dan terkesan ramai. Tetapi yang memiliki kesan tenang namun tetap kontras satu sama lain.

Aksesoris sesuai fungsi

Walaupun ada kesan minimalis, Anda tetap bisa menambahkan aksesoris di ruang kerja. Misalnya saja pajangan dinding atau di atas meja. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah aksesoris Anda harus memiliki fungsi yang jelas. Hal ini agar mengurangi penggunaan barang yang tak perlu di ruang kerja.

Dengan memperhatikan elemen di atas, ruang kerja menjadi lebih minimalis dan terasa hangat. Kedua hal ini penting untuk menciptakan ruang kerja yang mendukung fokus kinerja Anda. 

Nah jika Anda ingin ruang kerja yang menenangkan dan pikiran Anda bisa berkreasi dengan bebas, tata ruang Japandi bisa membantu Anda. Anda akan merasa lebih produktif dan berenergi jika ruang tertata dan bersih mengacu pada gaya ini.

Untuk mewujudkannya, mulai dengan mempersiapkan furniture yang Anda butuhkan di Cipta Office. Selanjutnya lengkapi dengan aksesoris yang bisa membangkitkan kreativitas di Cipta Grafika.