+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Pernahkah Anda mendengar istilah grosir? Grosir adalah istilah yang sering disebut juga dengan kulakan. Kata ini tentunya sering Anda dengar ketika berbelanja baik secara online maupun offline. Apa itu grosir dan perbedaannya dengan eceran? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini. 

Pengertian Grosir

Grosir adalah istilah untuk penjualan dalam jumlah banyak oleh produsen kepada penjual lain. Misalnya pengecer, pedagang besar, industri atau perusahaan, lembaga pemerintah dan lain sebagainya. Sederhananya, grosir berperan menjadi penghubung antara produsen dan pedagang eceran.

Jenis-jenisnya

Berikut beberapa jenis grosir yang hendaknya Anda ketahui:

  • Grosir spesialis (hanya menjual beberapa barang saja, contohnya barang-barang percetakan)
  • Grosir general (menjual segala jenis barang)
  • Grosir tingkat daerah (provinsi)
  • Grosir lokal (kabupaten)
  • Grosir nasional (berbagai kota dalam negara)
  • Grosir internasional
  • Grosir kolektor (penghimpun barang grosir)
  • Grosir terbatas (grosir yang hanya melakukan sebagian jasa)
  • Grosir truk (melakukan jual barang sekaligus jasa antar), dll

Baca juga: Nota NCR untuk Melindungi Bisnis Anda dari Penipuan, Penting!

Contoh Grosir

Contoh grosir adalah sebagai berikut. Anda membutuhkan kalender untuk perusahaan, harga jual satuannya sebesar 10 ribu rupiah. Jika membeli dengan harga partai besar atau grosir sebanyak lebih dari 50 barang, maka harga satuannya turun menjadi delapan ribu rupiah.

Sementara itu stok yang ada di gudang jumlahnya sekitar 100 pcs. Ketika penjual membeli 100 barang, berarti delapan ribu rupiah dikali 100 maka totalnya adalah 800 ribu rupiah.

Dengan demikian, penjual bisa menjual kepada konsumen dengan harga eceran yang sama atau lebih tinggi. Contoh harga satuan kalender 10 ribu rupiah atau 15 ribu rupiah. Maka dari itu, lebih baik membeli kalender sekaligus lebih dari 50 pcs sehingga hemat dua sampai lima ribu rupiah per kalender.

Kelebihan Membeli Barang dengan Harga Grosir

Membeli barang dalam partai besar berarti mengeluarkan uang yang sedikit lebih banyak. Akan tetapi, keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga lebih banyak. Berikut ini rinciannya:

Mendapatkan Potongan Harga

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, membeli barang dalam partai besar bisa mendapatkan potongan harga. Hal ini tentu dapat menekan biaya pengeluaran dan membantu Anda untuk berhemat.

Stok Barang Banyak

Umumnya, perusahaan atau produsen menyediakan barang dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen hingga di tangan akhir. Untuk itu, stok barang yang Anda butuhkan selalu ada di toko grosir.

Baca juga: Beli Banyak Sekaligus Lebih Murah? Cek di Sini!

Praktis

Pebisnis maupun konsumen tentunya memahami bahwa belanja bukan hanya menghabiskan uang tetapi juga menyita waktu dan tenaga. Dengan membeli di toko grosir, Anda dapat membeli barang dalam partai besar dengan pilihan yang juga beragam. Sehingga Anda tak perlu repot berpindah-pindah toko atau bolak-balik membeli barang yang sama. 

Perbedaannya dengan Eceran

Lantas, apa perbedaan membeli barang dalam partai besar dengan eceran?

Jumlah Barang yang Dijual

Grosir merupakan barang yang dijual dalam jumlah banyak alias partai besar. Sementara itu, eceran adalah barang yang dijual satuan atau sedikit. Secara harga, barang yang dibeli secara partai juga lebih murah ketimbang membeli dalam jumlah satuan.

Pihak yang Membeli dan Tujuan Pembelian 

Umumnya, para penjual membeli barang dalam partai besar dari produsen atau perusahaan yang memproduksi. Adapun barang eceran dibeli oleh pembeli dari penjual. Jadi pihak yang bertransaksi terlihat dengan jelas perbedaannya.

Perbedaan lainnya antara barang dalam partai besar dengan eceran adalah tujuan pembeliannya. Barang yang dibeli secara partai besar biasanya untuk dijual kembali atau digunakan untuk kebutuhan perusahaan, bisnis, maupun usaha seseorang. Sebaliknya, barang eceran dibeli hanya untuk keperluan maupun konsumsi pribadi saja.

Itu dia penjelasan lengkap grosir adalah dan perbedaannya dengan eceran. Lengkapi kebutuhan peralatan kantor Anda di Cipta Office dan dapatkan potongan harga besar dengan membeli secara grosir. Klik di sini atau tombol di bawah untuk melakukan pemesanan.