+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Dahulu, sebelum semuanya serba digital seperti saat ini iklan juga ditampilkan dalam bentuk cetak. Sebuah iklan tidak hanya disebarkan melalui digital seperti media sosial dan TV tetapi juga dalam bentuk fisik. Iklan media cetak sendiri bisa berbentuk berbagai macam, misalnya seperti majalah, koran, flyer, brosur, dan lainnya. Berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu iklan media cetak beserta dengan contohnya.

Iklan Media Cetak

Memasuki era yang semuanya serba digital tak lantas membuat Anda melupakan iklan yang berbentuk fisik. Iklan sendiri memiliki pengertian sebagai alat promosi mengenai suatu produk maupun jasa guna mempengaruhi orang-orang yang melihatnya agar tertarik. Merujuk dari KBBI, iklan adalah sebuah pemberitahuan kepada banyak orang tentang barang yang dijual dan dipasang di tempat umum. Berarti iklan media cetak adalah sebuah alat promosi produk atau jasa untuk mempengaruhi orang-orang agar tertarik dengan menggunakan media cetak sebagai alat penyebarannya. Media cetak yang biasanya digunakan bisa berupa flyer, banner, brosur, majalah, koran, dan lainnya. 

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik

Tentunya dengan adanya perbedaan media iklan yang digunakan maka karakteristiknya pun berbeda. Perbedaan yang paling menonjol adalah pada bagian gambar. Gambar pada media cetak tidak bisa bergerak sedangkan pada media elektronik gambar yang digunakan bisa menggunakan gambar bergerak. Selain itu, pada media cetak hanya bersifat tertulis sehingga hanya bisa diberikan tulisan. Berbeda dengan media elektronik, selain tulisan pada iklan media elektronik juga bisa menggunakan suara untuk mendukung iklan agar semakin menarik. 

Baca juga: Papan Informasi Perusahaan, Apa Itu?

5 Contoh Iklan Media Cetak

1. Surat Kabar (Koran)

Surat kabar atau biasanya lebih sering dikenal orang dengan sebutan koran adalah media cetak yang sering digunakan untuk beriklan. Koran sering dipilih menjadi media beriklan karena memiliki jadwal terbit yang teratur. Bentuk iklan dalam koran dapat berbentuk 3 macam yaitu iklan baris, iklan kolom, dan advertorial. 

Iklan baris berbentuk teks dengan kolom terbatas dibarengi dengan singkatan yang rumit biasanya diminati oleh pengusaha di bidang kendaraan bermotor, tanah, dan lainnya. Jika ingin ukuran yang lebih besar dan tampilan yang lebih menarik Anda bisa menggunakan iklan kolom tetapi tentunya memerlukan biaya yang lebih besar. Sedangkan advertorial memiliki karakteristik di gaya penulisannya yang seperti gaya jurnalisme. 

2. Iklan di Majalah

Ketika iklan di koran menggunakan bahasa yang agak kaku, iklan di majalah menggunakan bahasa yang kasual untuk menarik pembaca generasi muda. Untuk bentuk iklannya sendiri, pada iklan cetak di majalah bentuknya mirip dengan iklan cetak di koran. Ada iklan baris, iklan kolom, dan advertorial. Di samping itu, majalah terbit seminggu hingga sebulan sekali. 

3. Iklan Cetak di Flyer

Jenis media yang terbuat dari kertas ini juga bisa digunakan sebagai media cetak iklan. Sebagai media promosi berbahan kertas, flyer biasanya dibagikan di tempat umum. Hal ini dilakukan agar lebih banyak orang yang di jangkau.

4. Iklan Cetak di Brosur

Serupa tapi tak sama, brosur juga digunakan untuk menjadi media iklan cetak. Bedanya dengan flyer, sebuah brosur ukurannya lebih besar dari flyer dan isinya lebih lengkap. Sebuah brosur juga bisa dilipat tidak seperti flyer yang bentuknya hanya satu lembar dan tidak dilipat.

5. Iklan Spanduk

Spanduk adalah salah satu jenis iklan media cetak yang sering Anda lihat di jalan. Iklan cetak ini berukuran besar karena memang biasanya dipasang pada bahu jalan maupun di tengah jalan dengan dikaitkan menggunakan tali pada pohon atau tiang listrik. Redaksi serta desain dari spanduk harus menarik agar dapat menarik mata yang melihat promosi tersebut. Ukuran spanduk bisa di custom sesuai dengan kebutuhan pengguna .

Baca juga: Annual Report: Kredibilitas Sebuah Perusahaan

Berkembangnya dunia digital lantas bukan berarti Anda melupakan media cetak yang bisa digunakan menjadi media promosi. Untuk kebutuhan cetak media iklan seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa melakukan pemesanan di Cipta Grafika dengan menghubungi nomor ini atau klik link yang ada di bawah ini.