+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Kantor merupakan tempat di mana produktivitas dipacu dan ide-ide para pekerja berkembang. Salah satu hal yang mendukung efisiensi kerja adalah keberadaan peralatan yang tepat di meja kerja. Dengan alat yang tepat akan memudahkan Anda menjalankan tugas sehari-hari, meningkatkan efisiensi, dan kualitas pekerjaan yang dihasilkan. Nah, artikel ini akan membahas tujuh alat kantor serta fungsinya yang harus ada di meja kerja Anda.

Apa Itu Alat Kantor?

Cipta Office – Perkakas atau peralatan kantor adalah berbagai jenis perlengkapan yang digunakan untuk membantu dan mendukung kegiatan kerja. Secara umum, peralatan ini meliputi perangkat elektronik, alat tulis hingga alat komunikasi yang mendukung aktivitas pekerjaan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki alat kantor yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mencapai performa kerja yang optimal.

Baca juga: Ketahui 10 Peralatan Kantor yang Meningkatkan Produktivitas Kerja!

Ragam Alat Kantor

Terdapat berbagai jenis peralatan kerja yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Berikut tujuh alat kantor yang harus ada di meja kerja Anda!

Komputer atau Laptop

komputer dan laptop kerja

Credit to: Freepik

Peralatan elektronik ini merupakan alat utama yang harus ada di meja kerja. Karena hampir semua tugas kantor saat ini memerlukan komputer, mulai dari penulisan dokumen, pengolahan data hingga komunikasi. Maka pastikan komputer atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk mendukung aplikasi yang Anda gunakan sehari-hari.

Notebook atau Buku Catatan

buku-agenda-kerja, buku-agenda

Dokumen pribadi

Meskipun teknologi digital semakin dominan, notebook atau buku catatan tetap menjadi alat penting di meja kerja. Menulis catatan tangan dapat membantu dalam proses berpikir dan memudahkan pencatatan ide atau to-do list. Jadi, pilihlah buku catatan dengan kertas berkualitas dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pena dan Pensil

alat tulis kantor

Credit to: Freepik

Alat tulis menjadi salah satu alat kantor paling dasar yang digunakan untuk menulis dan membuat catatan secara manual. Pena dan pensil tetap menjadi pilihan utama saat ini untuk membuat catatan hingga menandatangani dokumen. 

Sticky Notes

sticky-notes

Credit to: Freepik

Peralatan selanjutnya yang harus Anda miliki, yaitu sticky notes yang berguna untuk mencatat hal-hal penting untuk diingat. Alat ini bisa ditempel di monitor komputer, agenda, atau area kerja lain yang mudah terlihat. Dengan berbagai warna dan ukuran, sticky notes membantu dalam mengorganisir pekerjaan dan ide.

Stapler dan Staples

stapler, staples, stapler atau staples, beli stapler karawang

Credit to: Freepik

Peralatan kantor ini berfungsi untuk menyatukan lembaran kertas dan merekatkan kertas. Stapler digunakan untuk menyatukan lembaran kertas dan merekatkan kertas atau kartu nama ke media lain. Sementara staples adalah isi stapler berupa klip logam yang digunakan untuk menjepit kertas.

Telepon Kantor atau Smartphone

telepon-kantor

Credit to: Freepik

Dalam era kerja jarak jauh, telepon atau smartphone adalah alat komunikasi yang tak tergantikan di kantor. Kedua alat tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, atau mitra bisnis melalui panggilan suara atau aplikasi sejenis WhatsApp.

Lampu Meja

lampu-meja-kantor

Credit to: Freepik

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan konsentrasi. Lampu meja memberikan pencahayaan yang cukup untuk bekerja, terutama jika Anda bekerja di tempat dengan pencahayaan alami yang terbatas.

Baca juga: Begini Caranya Bikin Ruang Kerja Kantor Jadi Nyaman!

Fungsi Alat Kantor

Setiap peralatan kerja memiliki fungsi khusus yang mendukung berbagai aspek pekerjaan di kantor. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari alat kantor yang umum digunakan.

Mengurangi Waktu Pengerjaan

Peralatan seperti komputer, printer, dan mesin fotokopi dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Misalnya, mencetak dokumen dalam jumlah banyak bisa dilakukan dengan cepat menggunakan printer daripada menulisnya secara manual.

Memudahkan Komunikasi

Dalam hal komunikasi, peralatan seperti telepon kantor dan komputer memudahkan komunikasi antar karyawan dan pihak lainnya. Hal ini sangat penting untuk koordinasi dan kerja sama dalam menyelesaikan proyek.

Mengelola Dokumen

Alat seperti stapler, perforator, dan organizer meja berfungsi untuk membantu dalam mengelola dokumen. Dokumen yang rapi dan teratur membuat proses pencarian dan penggunaan dokumen menjadi lebih mudah dan cepat.

Mempermudah Penyimpanan dan Akses Data

Terakhir, peralatan seperti scanner dapat membantu dalam penyimpanan dan akses data. Data yang disimpan dalam bentuk digital tentunya akan lebih mudah diakses dan dibagikan. Selain itu, data digital juga lebih aman dan tidak memakan banyak ruang seperti data fisik.

Demikianlah pembahasan peralatan kantor yang harus ada di meja kerja Anda.  Untuk Anda yang mencari peralatan kantor seperti meja dan kursi yang nyaman percayakan saja pada Cipta Office Karawang. Kami menyediakan segala kebutuhan peralatan kantor untuk Anda. Pesan melalui link ini atau klik tombol di bawah sekarang juga!

Penulis: Lidia Pratama
Editor: Raden Fathria