+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Setelah sebelumnya membahas fungsi buku agenda, ada baiknya untuk membahas jenis buku agenda berikut kertas yang digunakan. Dengan demikian Anda tidak akan kebingungan lagi jika ingin mencetak buku agenda. Simak artikel berikut ini sampai tuntas ya.    

Jenis Buku Agenda 

Pada dasarnya buku agenda terdiri dari tiga format buku yang berbeda-beda. Tiap format memiliki fungsinya masing-masing, khususnya dalam dunia kearsipan. Berikut tiga kategori pencatatan surat pada buku agenda.

Buku Agenda Tunggal

buku-agenda-tunggal

Contoh buku agenda tunggal

Buku agenda format tunggal merupakan buku dengan beberapa kolom yang berurutan pada setiap halamannya. Ciri khas buku agenda tunggal adalah letak penulisan surat keluar dan masuk berupa kode M dan K yang berdampingan. Secara tampilan, agenda ini terlihat lebih minimalis sehingga pas digunakan perusahaan atau instansi dengan alur administrasi santai.

Baca juga: Company Profile Perusahaan: Pengertian, Struktur Hingga Contohnya 

Buku Agenda Kembar

buku-agenda-kembar

Contoh buku agenda kembar

Sedangkan untuk buku agenda kembar ialah buku yang masing-masing berisi catatan surat keluar dan masuk yang berbeda. Jadi simpelnya, dua buku yang pencatatannya terpisah sehingga tidak ada lagi data surat keluar dan masuk yang tercampur. Hal ini tentunya membantu mencari data surat lebih efisien dan efektif.

Buku Agenda Berpasangan

buku-agenda-berpasangan

Contoh buku agenda berpasangan

Terakhir, buku agenda berpasangan adalah format buku untuk mencatat data surat keluar-masuk pada satu buku yang sama. Jadi sistemnya, halaman sisi kanan digunakan untuk surat masuk dan sisi kiri untuk surat keluar. Format buku agenda berpasangan sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang memiliki alur administrasi yang padat. 

Jenis Kertas Buku Agenda

Pada dasarnya, ada banyak jenis kertas yang bisa digunakan untuk mencetak buku agenda. Nah berikut ini tiga jenis kertas yang paling umum digunakan ketimbang kertas lainnya.

Baca juga: Cetak Sertifikat? Ini 3 Jenis Kertas yang Paling Banyak Digunakan 

Kertas HVS

Tipe kertas buku agenda urutan pertama ada kertas HVS. Kertas yang satu ini paling sering digunakan untuk mencetak buku. Mulai dari buku agenda, buku tulis, dokumen resmi, laporan bisnis, dan lain sebagainya. Adapun gramatur kertas HVS paling ideal yang digunakan untuk mencetak buku agenda yakni 70 gsm. 

Kertas Novel

Warna high cream atau cokelat terang yang khas menjadi alasan kertas novel menjadi primadona untuk mencetak kertas buku. Sebab warnanya yang sedap dipandang sehingga tidak membuat mata lelah ketika buku digunakan. Selain itu, kertas novel banyak dipilih sebagai buku agenda karena beratnya yang ringan, nyaman disentuh maupun ditulis. Untuk ketebalannya sendiri, gsm kertas novel cukup variatif yakni 55, 57,5, hingga 70 gsm. 

Kertas Daur Ulang

Ingin buku agenda dengan kesan vintage yang berkesan? Maka menggunakan kertas daur ulang bisa menjadi pilihan yang tepat. Kertas daur ulang adalah kertas buram yang permukaannya cukup kasar ketika disentuh. Namun meski demikian, kertas daur ulang tetap nyaman untuk kegiatan tulis menulis dan tentu saja lebih ramah lingkungan.

Baca juga: 7 Hal Ini Wajib Ada di Kartu Nama Anda! 

Cetak Buku Agenda Karawang

Sekian penjelasan singkat mengenai buku agenda dan dengan demikian Anda tidak lagi kebingungan dengan menentukan buku agenda apa yang Anda butuhkan. 

Lengkapi kebutuhan buku agenda untuk mendukung produktivitas kerja di Cipta Office Karawang. Anda bisa custom buku agenda kembar atau jenis lainnya dengan logo atau corporate identity perusahaan pada cover atau di setiap halaman isi buku. Dapatkan juga buku agenda dengan harga khusus dengan melakukan pembelian secara grosir. Klik di sini sekarang juga.