+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Berbagai kantor di Indonesia saat ini banyak yang menerapkan desain open space atau area terbuka. Desain yang seperti ini mulai banyak digunakan beberapa tahun belakangan karena dinilai lebih modern dan punya banyak manfaat. Kalau di tahun 2022 ini Anda berencana menata dan mendekor ulang kantor atau ruangan kerja, artikel ini tepat untuk Anda. Anda bisa memilih satu dari berbagai jenis tata ruang kantor yang paling tepat dari berbagai pilihan berikut sebelum mengubahnya. Baca selengkapnya yuk! 

Baca juga: 3 Ide Dekorasi Ruang Kerja di Rumah

Tata ruang cubicle

Jenis tata ruang kantor yang paling banyak digunakan adalah cubicle

Tata ruang yang pertama ini bisa dibilang merupakan yang terbanyak digunakan di Indonesia. Bukan hanya di kantor, ruang guru yang ada di sekolah pun tak jarang menggunakan tata ruang ini. Kalau Anda pernah melihat ruang kerja yang antar mejanya dibatasi dengan penyangga, kabinet, atau partisi, seperti itulah kira-kira tata ruang kantor cubicle. 

Berbagai pembatas ini berguna untuk memberikan ruang privasi antar para pekerja. Asyiknya lagi, Anda bisa mendekorasi area sendiri dengan bebas. Kekurangannya, Anda mungkin kurang leluasa jika ingin berdiskusi dengan rekan terdekat karena adanya pembatas tersebut. 

Tata ruang terbuka

Berkebalikan dengan cubicle, tata ruang satu ini justru memberikan keleluasaan antar pekerja. Kurang lebih seperti ini gambarannya: 

jenis tata ruang kantor yang sedang in saat ini adalah tata ruang terbuka atau open space

Meja yang luas dan tak diberi pembatas menjadi ciri khas ruang kerja terbuka atau open space. Setiap pekerja bisa saling melihat satu sama lain dan lebih mudah untuk berdiskusi. Kekurangannya, Anda membutuhkan ruang lain yang lebih tersembunyi saat harus mendiskusikan hal yang agak privasi. 

Biasanya, tata ruang kantor yang terbuka banyak digunakan oleh industri kreatif dan startup. Hal ini karena industri tersebut lebih sering membutuhkan diskusi yang tiba-tiba dan ruang terbuka memudahkan pekerja untuk melakukannya kapanpun.

Tata ruang team cluster

jenis tata ruang kantor yang memudahkan komunikasi antar tim adalah team cluster design

Jika yang sebelumnya setiap pekerja bebas memilih tempat yang diinginkan, pada team cluster berlaku hal yang berbeda. Team cluster biasanya merupakan tata ruang terpusat yang menghadap satu orang sebagai pemimpin. Nah, setiap pekerja biasanya akan duduk memutar menghadap satu orang tersebut. 

Desain yang satu ini memudahkan diskusi atau meeting antar kelompok. Karena setting seperti ini disusun berdasarkan timnya, lebih mudah pula bagi pemimpin untuk mengatur flow komunikasi antar pekerja.

Tata ruang hybrid

tata ruang hybrid menggabungkan berbagai gaya desain pada satu ruangan

Ruangan kantor hybrid merupakan tata ruang yang menggabungkan berbagai gaya mulai dari open space, cubicle, dan team cluster. Penataan hybrid ini memungkinkan setiap tim yang berbeda pada perusahaan untuk mengatur desainnya sendiri. Tim kreatif mungkin membutuhkan open space, dan tim lain yang lebih membutuhkan privasi bisa memilih tata ruang cubicle. Salah satu kekurangannya, ruang kantor akan terlihat sedikit berantakan dan biaya untuk penataan ruangannya juga lebih mahal.

Jadi dari 4 jenis tata ruang kantor di atas, mana yang Anda sukai? Seperti apapun ruang kerja yang ingin Anda tata ulang, libatkan Cipta Office untuk melengkapi perlengkapan kantor yang sesuai. Mulai dari peralatan yang kecil sampai furnitur kantor bisa Anda dapatkan dengan kualitas yang terjamin.