+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Mesin absen fingerprint merupakan salah satu mesin yang dianggap efektif untuk mengabsen karyawan. Anda yang bekerja di perkantoran, instansi pemerintahan, atau perbankan tentu familiar dengan mesin yang satu ini. 

Namun, sudahkah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan mesin ini? Dan mengapa banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia hingga internasional? Berikut artikel yang akan membahas hal tersebut selengkapnya. 

Pengertian Mesin Absen Fingerprint

Mesin absen fingerprint adalah mesin yang memantau kehadiran karyawan melalui verifikasi sidik jari. Sensor pada mesin fingerprint berfungsi untuk merekam pola sidik jari yang nantinya akan langsung tersimpan pada database

Jadi, ketika seseorang menempelkan jarinya pada mesin, mesin akan mencocokkan pola sidik jari dengan database yang tersimpan. Mesin akan membaca dan mengenali sidik jari karyawan yang terdaftar di dalam sistem.

Kekurangan Mesin Absen Fingerprint

Membutuhkan Biaya Pemeliharaan

Mesin sidik jari memerlukan software dan hardware khusus yang memakan biaya cukup mahal. Selain itu, tentunya akan ada biaya lain yang dikeluarkan. Misalnya biaya untuk membeli cairan pembersih khusus mesin sidik jari dan biaya pemeliharaan lainnya. 

Keterbatasan Lokasi

Pada dasarnya, mesin absen sidik jari memang digunakan untuk melacak kehadiran karyawan di kantor. Akan tetapi, hal ini bisa menyulitkan karyawan yang bekerja dari jarak jauh atau sering dinas luar. Sebab, mereka tidak selalu bisa hadir secara fisik atau mengakses mesin absen sidik jari di kantor.

Tidak Bisa Digunakan saat Kondisi Tertentu

Sebagaimana sebuah mesin pada umumnya, sensor mesin sidik jari tidak bisa berfungsi jika digunakan dalam kondisi tertentu. Misalnya permukaan jari yang sedang terluka, basah, atau kotoran yang menumpuk akibat terlalu banyak bekas sidik jari yang menempel sebelumnya. 

Baca juga: Brangkas, Tempat Simpan Barang Berharga!

Kelebihan Mesin Absen Fingerprint

Selain memiliki kekurangan, mesin absen sidik jari juga memiliki kelebihan, antara lain:

Mengurangi Kecurangan 

Manfaat utama menggunakan mesin sidik jari adalah membantu mengurangi tindak kecurangan yang dilakukan karyawan. Melalui absensi sidik jari, tidak ada lagi karyawan tidak bertanggung jawab yang “titip absen” pada karyawan lainnya. Hal ini disebabkan tidak ada sidik jari yang identik satu sama lain.

Keamanan Tingkat Tinggi

Mesin absen sidik jari dapat digunakan untuk menjaga keamanan perusahaan, instansi, maupun lembaga yang menggunakannya. Karena hanya karyawan yang memiliki sidik jari yang terdaftar yang dapat melakukan absensi.

Meminimalisir Kesalahan

Data yang tersimpan pada sistem mesin absen sidik jari tentunya lebih akurat ketimbang data yang disimpan secara manual menggunakan kertas. Hal ini tentunya meminimalisir terjadinya kesalahan input data mengenai kehadiran karyawan. 

Baca juga: Apa Saja Jenis-jenis Safety Signs di Tempat Kerja?

Praktis

Kelebihan absensi sidik jari adalah mesin mudah untuk digunakan tanpa perlu kartu atau mengisi absensi secara manual. karyawan cukup menempelkan jarinya pada sensor, dan sistem akan merekam secara real time. Daripada itu, absensi menggunakan sidik jari berarti menghemat waktu menjadi lebih efisien. 

Kini Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan mesin absen fingerprint. Anda bisa memanfaatkan mesin ini untuk kebutuhan perusahaan Anda. Hubungi Cipta Office atau tekan tombol di bawah untuk melakukan pemesanan.