+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Filling cabinet merupakan salah satu alat tulis kantor yang berfungsi menjaga dokumen penting perusahaan. Berikut ini rangkuman informasi mengenai filling cabinet yang patut Anda ketahui.

Pengertian Filling Cabinet

Filling cabinet adalah lemari yang berfungsi untuk menyimpan dokumen, arsip, maupun file penting perusahaan. Lemari penyimpanan ini umumnya terbuat dari bahan-bahan yang kuat seperti logam, kayu, maupun besi. 

Jenis-jenis Lemari Penyimpanan

Lemari penyimpanan sejatinya terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

Vertical File Cabinet

Lemari penyimpanan dengan bentuk laci yang tersusun ke atas atau vertikal. Vertical file cabinet sendiri cocok digunakan untuk kantor yang memiliki ruang terbatas. Sehingga dapat memanfaatkan space kecil di dalam ruangan. 

Lateral File Cabinet

Lateral file cabinet memiliki bentuk kabinet atau laci yang berderet ke atas dan menyamping. Sehingga memiliki ruang dengan kapasitas yang lebih luas dan dapat menampung lebih banyak dokumen. Oleh karena itu, lemari penyimpanan yang satu ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Baik di perkantoran maupun rumah.

Mobile File Cabinet

Mobile file cabinet biasanya disebut juga dengan mobile file system. Sebab bentuknya yang menyerupai rak perpustakaan dengan roda di bagian bawahnya yang bisa dilepas pasang. Dengan kata lain, lemari penyimpanan seperti ini mudah dipindahkan dan tidak memerlukan banyak ruang. 

Baca juga: Tips Menentukan Lemari Arsip File di Ruang Kerja – Cipta Office

Flat File Cabinet

Jenis lemari penyimpanan lainnya adalah flat file cabinet. Lemari dengan ruang laci yang cukup lebar menyamping namun lebih pendek bagian atasnya. Flat file cabinet sangat cocok untuk menyimpan dokumen perusahaan besar dan lebar. Misalnya, peta, gambar, dan lain sebagainya. 

Card File Cabinet

Card file cabinet merupakan lemari penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan kartu indeks perusahaan. Bentuknya seperti laci pada umumnya, tapi menggunakan laci-laci yang bisa ditarik keluar memanjang. 

Pedestal File Cabinet

Terakhir, ada pedestal file cabinet yang memiliki bentuk serupa dengan lateral file cabinet. Hanya saja, lemari penyimpanan jenis ini berukuran lebih pendek dan menyatu dengan meja kerja. Meskipun demikian, pedestal file cabinet tetap memiliki ruang penyimpanan yang cukup luas. 

Manfaat Lemari Penyimpanan

Menjaga Dokumen dari Kerusakan Eksternal

Manfaat utama dari lemari penyimpanan adalah untuk menjaga dokumen perusahaan dari kerusakan eksternal. Kerusakan tersebut bisa berupa perubahan kelembaban udara ruangan, serangan serangga, atau kelalaian pegawai dalam menyimpan dokumen. Oleh karena itu, lemari penyimpanan menjaga dokumen tetap aman secara maksimal, tersusun tidak tercecer.

Baca juga: 13 Daftar Perlengkapan Kantor yang Harus Anda Miliki – Cipta Office

Memudahkan Aksesibilitas Dokumen

Manfaat kedua yakni memudahkan aksesibilitas dokumen. Dengan lemari penyimpanan, dokumen perusahaan dapat disusun berdasarkan kategori tertentu. Seperti tanggal, subjek, nomor, wilayah, abjad, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja mempermudah pegawai menemukan dokumen yang mereka perlukan dengan lebih cepat dan akurat. 

Pemanis Ruangan 

Tahukah Anda bahwa lemari penyimpanan bukan hanya untuk menyimpan dokumen atau file arsip saja? Tetapi, juga dapat memperindah ruangan sehingga lebih enak untuk dipandang. Selain itu, lemari penyimpanan pun bisa difungsikan sebagai pembatas ruangan atau penyekat. Bahkan bisa juga sekedar sebagai furnitur yang membantu ruangan agar tidak terlihat kosong.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan lemari penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda? Anda bisa mengecek katalog lemari penyimpanan milik kami atau menghubungi CS di link ini.