+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Apakah kantor Anda mempunyai mesin penghancur kertas? Jika belum, Anda harus segera membelinya. Sebab mesin yang satu ini merupakan salah satu item wajib yang ada di perkantoran, lho. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat dan bagaimana cara penggunaannya? Nah, artikel berikut akan membahas segala hal mengenai alat tulis kerja yang satu ini.

Apa Itu Mesin Penghancur Kertas

Mesin penghancur kertas umumnya dikenal juga dengan istilah paper shredder. Paper shredder merupakan sebuah mesin yang didesain khusus untuk menghancurkan kertas menjadi potongan-potongan kecil. Singkatnya, mesin ini berfungsi untuk menghancurkan dokumen-dokumen yang sudah tidak dibutuhkan lagi. 

Manfaat Mesin Penghancur Kertas

Apa saja manfaat paper shredder? Berikut rinciannya

Melindungi Data Penting Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya memiliki dokumen penting yang bersifat rahasia. Dokumen penting tersebut harus segera dihancurkan jika sudah tidak lagi digunakan. Sebab, ada banyak informasi penting milik perusahaan yang harus terjaga kerahasiaannya dan tidak boleh bocor ke pihak lain. Misalnya informasi mengenai data pegawai, slip gaji, surat kesepakatan, data transaksi, hingga data pelanggan. 

Nah, paper shredder inilah yang digunakan untuk melindungi data penting perusahaan yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Paper shredder akan menghancurkan dokumen-dokumen penting menjadi beberapa bagian sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Artinya dengan ada mesin ini dapat meminimalisir terjadinya kebocoran data yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Meningkatkan Efisiensi Kerja

Jumlah dokumen yang harus dihancurkan tentunya ada banyak. Paper shredder membantu untuk meningkatkan efisiensi kerja pegawai perusahaan. Sebab, pegawai tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk menghancurkan dokumen secara manual.

Memudahkan Pembuangan Limbah

Terakhir, paper shredder dapat memudahkan pembuangan limbah perusahaan. Dokumen-dokumen yang dihancurkan menjadi bagian-bagian kecil tentu bisa dikemas menjadi lebih ringkas dan efisien. Lain daripada itu, mesin ini dapat mengurangi jumlah limbah yang dibuang sehingga lingkungan menjadi lebih terjaga. 

Baca juga: Pajak Reklame, Siapa yang Bayar?

Fitur Mesin Penghancur Kertas

Sebenarnya, setiap mesin penghancur kertas memiliki fitur yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Meski demikian, tetap ada beberapa fitur yang umumnya ditemukan pada paper shredder, antara lain:

Lubang Masuk Kertas 

Umumnya setiap paper shredder mempunyai lubang masuk kertas dengan ukuran yang sangat kecil. Fungsinya untuk menjaga terjadinya kecelakaan jari terpotong atau human error penggunaan paper shredder.

Penghancur Kertas Otomatis

Fitur lainnya yang ada pada paper shredder adalah penghancur kertas otomatis. Sehingga mesin bisa menghancurkan secara otomatis tanpa perlu pengawasan lagi.

Kotak Penampungan Sampah

Terakhir, setiap paper shredder sudah dilengkapi dengan kotak penampungan sampah. Adapun volume penyimpanannya tergantung merek dan tipe yang digunakan. 

Baca juga: Manfaat Stiker One Way!

Bagaimana Cara Penggunaannya

Bagaimana cara menggunakan paper shredder? Berikut langkah-langkahnya

  1. Pastikan mesin sudah dalam keadaan menyala
  2. Siapkan dokumen atau kertas yang akan dihancurkan. Periksa dan pastikan tidak ada penghalang seperti paper clip atau staples pada kertas. Hal ini bertujuan agar proses penghancuran bisa berjalan normal dan tidak merusak mesin pemotong.
  3. Masukkan dokumen ke dalam mesin dan sesuaikan jumlah kertas dengan kapasitas mulut mesin. 
  4. Tunggu mesin bekerja hingga selesai. Matikan tombol off pada mesin dan berkas yang sudah dipotong bisa diambil pada wadah penyimpanan. 

Nah demikian pengertian mengenai mesin penghancur kertas berikut manfaat dan cara penggunaannya. Jika Anda membutuhkan kertas atau kebutuhan alat tulis kantor lainnya Cipta Grafika adalah solusinya. Klik di sini untuk mendapatkan ATK kantormu dengan harga terbaik!