+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Nota NCR merupakan salah satu dokumen penting untuk mencatat transaksi yang keberadaannya selalu dibutuhkan oleh perusahaan. Tugas utamanya tentu saja sebagai bukti resmi catatan pengeluaran perusahaan, misalnya saat membeli barang untuk keperluan produksi. Nota jenis ini merupakan bentuk yang lebih modern karena dapat mentransfer tulisan dari satu permukaan kertas ke permukaan lainnya. Meskipun saat ini teknologi sudah memudahkan setiap perusahaan untuk mencatat transaksi, penggunaan nota NCR untuk usaha masih digunakan. 

NCR sendiri merupakan singkatan dari No Carbon Required. Istilah ini mengacu pada kertas karbon yang sebelumnya digunakan untuk nota. Sebelum adanya nota NCR yang memindahkan catatan tulisan dengan praktis, ada kertas karbon yang harus diselipkan di bawah kertas yang ditulis untuk menyalin tulisan. Penggunaan nota NCR memudahkan pencatatan yang harus disalin tanpa menyelipkan kertas karbon. 

Baca juga: Catat To Do List di Kantor dengan Buku Agenda Custom 

Nota NCR atau Carbonless Paper Forms

nota ncr untuk usaha terdiri lebih dari 1 rangkap

Thecarbonlessforms

Salah satu keutamaan nota NCR adalah lebih praktis, cepat, dan efektif saat mencatat pengeluaran. Jenis nota ini memudahkan Anda saat harus mencatat banyak transaksi. Bayangkan jika masih membutuhkan kertas karbon, maka Anda harus selalu menyelipkan dan menggantinya ketika karbon pada kertas mulai menipis.

Nota yang sering disebut carbonless form ini memiliki lapisan tambahan khusus pada kedua sisinya. Saat ada tekanan pada permukaan kertas, tinta mikrokapsul akan melepaskan warna yang bercampur dengan lapisan clay di kertas bawah untuk menyalin tulisan yang ada di kertas.

Nota NCR terbagi menjadi 2 rangkap dan 3 rangkap yang terdiri dari lapisan mikrokapsul dan lapisan clay yang memindahkan tulisan dengan tinta. Agar Anda mendapatkan gambaran seperti apa nota NCR yang biasa digunakan untuk transaksi perusahaan, ada baiknya untuk mengetahui masing-masing lapisan yang ada pada nota. 

nota ncr untuk usaha dapat dibuat custom dengan nama bisnis

 

Lapisan pertama – Top part 

Lapisan atau rangkap pertama berfungsi sebagai color transfer. Di lapisan pertama ini Anda akan menulis transaksi. Hanya pada lapisan inilah mikrokapsul tinta digunakan untuk melepaskan warna pada lapisan di bawahnya. 

Lapisan kedua – Middle part 

Pada lapisan kedua, bagian atasnya dilengkapi dengan tinta dan bagian bawah dilapisi clay. Pada satu lapisan ini terdapat color transfer dan color receiver. Fungsi dari middle part adalah sebagai penengah. Pada nota dengan multi rangkap misalnya, bisa terdapat lebih dari satu lapisan penengah. 

Lapisan ketiga – Bottom Part

Pada lapisan inilah adanya clay sebagai color receiver. Color receiver dapat juga diartikan sebagai lapisan salinan sehingga dokumen yang ingin Anda salin ada pada lapisan ini. 

Tiap rangkap biasanya diberi warna yang berbeda untuk membedakan mana kertas yang harus Anda simpan, mana yang diberikan pada customer. Di Cipta Office, selain tersedia pilihan warna dan rangkap yang berbeda, Anda juga bisa membuat penomoran sesuai yang Anda inginkan. Selain itu, tambahkan juga nama serta logo bisnis Anda agar nota NCR untuk usaha lebih istimewa.