+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Ordner menjadi barang penting untuk sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan perlu untuk memiliki perlengkapan ATK atau alat tulis kantor yang lengkap untuk digunakan oleh pegawainya. Salah satu perlengkapan ATK yang perlu ada adalah ordner. Fungsi dari adanya ordner ini untuk menyimpan hasil kerja karyawan agar tersimpan dengan rapi dan tidak tertukar dengan pekerjaan dari karyawan yang lainnya. 

ordner

Pengertian Ordner

Ordner adalah sebuah map yang berukuran besar dan memiliki berbagai macam warna dan terbuat dari bahan karton tebal. Bentuk ordner seperti buku besar yang di dalamnya ada penjepit besi. Map besar ini memiliki dua sisi untuk menahan dan menutup dokumen. Pada bagian belakang order ada bagian untuk penulisan dokumen yang nantinya akan disimpan di ordner. Order memiliki kekuatan yang cukup kuat karena terbuat dari bahan yang cukup keras. Meski begitu sebuah ordner tidak tahan terhadap api dan lembab sehingga perlu disimpan di tempat yang mana dan kering. 

Fungsi Ordner

Ordner memiliki fungsi sebagai penyimpan arsip atau dokumen penting. Ordner juga berfungsi untuk membantu menyimpan serta pengelompokan dokumen atau arsip penting sesuai dengan pengelompokkan yang diinginkan. Dokumen yang akan disimpan di dalam ordner disesuaikan dengan jenisnya atau pengelompokannya lalu dijepit dengan rapi. Untuk mengklasifikasikan jenis dokumennya, Anda bisa menuliskan tanggal, nomor, maupun jenis file yang ada di dalamnya sehingga ketika mencari dokumen tersebut tidak akan susah. 

Bagian-bagian Ordner

bagian bagian ordner

Sebuah ordner mempunyai bagian-bagian yang perlu Anda ketahui. Ada 4 bagian ordner yaitu pengunci rado, ring binder, label, dan finger ring. Pengunci Rado berfungsi agar ordner tetap berdiri walaupun terisi banyak dokumen. Ordner yang sudah memiliki pengunci rado memiliki lubang di cover-nya. Label pada ordner berfungsi untuk menulis informasi mulai dari keterangan berkas, kode, tanggal atau lainnya yang berkaitan dengan berkas yang ada di dalamnya serta memudahkan pencarian dokumen. Finger ring yang berada di bagian bawah label berguna untuk membantu menarik ordner dari rak arsip. Terakhir ada ring binder yang berfungsi agar dokumen tetap berada di bagian dalam ordner. Biasanya ada dua pilihan ring binder yaitu 2 ring atau 4 ring binder. 

Baca juga: Perforator: Pembolong Kertas Pengarsipan Kantor

Kelebihan dan Kekurangan Ordner

Kelebihan

Ordner memiliki kelebihan dalam proses pengarsipan banyak dokumen dan salam proses pencariannya pun menjadi lebih cepat dan mudah berkat adanya label pada setiap ordner. Ukuran kertas yang bisa dimasukkan ke dalam ordner juga bisa berbagai macam ukuran mulai dari A3, A4, A5, hingga Folio dengan setebal 5 cm, 7 cm dan 10 cm. Ordner mampu menjaga dokumen dengan jangka waktu yang lama hingga bertahun-tahun.

Kekurangan

Selain kelebihan, tentunya sebuah produk pasti memiliki kekurangan. Kekurangan sebuah ordner terletak dari bahannya. Bahan yang digunakan untuk membuat ordner termasuk bahan yang mudah terbakar jika terkena api. Oleh karena itu, letakkan ordner di dalam rak arsip dengan ruangan yang sejuk. 

Cara Menggunakan Ordner 

Menggunakan ordner sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti step by step berikut ini:

  • Lubangi kertas yang akan Anda arsipkan pada ordner dengan pelubang kertas atau perforator
  • Saat melubangi kertas, Anda harus memastikan bahwa lubang  searah atau seragam
  • Buka ring binder lalu masukan ring binder pada area kertas yang sudah dilubangi
  • Setelah selesai, tutup kembali ring binder lalu Anda bisa menyimpan ordner kembali ke rak arsip

Tips Menggunakan Ordner

Berikut ini adalah tips bagaimana cara menggunakan ordner dengan baik dan benar. 

  • Tempatkan ordner sesuai dengan kelompok atau jenis arsip yang sudah Anda tentukan
  • Ukuran kertas yang akan disimpan dalam ordner jangan lebih besar atau melewati area ordner
  • Jangan lupa untuk memberikan informasi pada label yang ada pada bagian punggung ordner
  • Punggung ordner menghadap keluar agar label mudah dibaca dan proses mencari arsip atau dokumen menjadi lebih mudah

Baca juga: Desain Billboard Kayak Gini Bisa Narik Perhatian Banyak Orang!

Ordner juga sering disebut dengan tempat penyimpanan arsip. Sebuah ordner memiliki ketebalan hingga 5 cm sehingga dapat menampung dokumen yang cukup banyak. Terkadang sebuah perusahaan akan mencetak ordner sendiri agar lebih eksklusif dengan adanya logo perusahaan. Anda bisa memesan ordner di Cipta Office dengan klik link ini atau dengan klik tombol yang ada di bawah ini, ya!