+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Seberapa sering Anda mendengar istilah corporate identity? Istilah berikut mungkin terasa asing bagi orang awam, tapi familiar dalam dunia bisnis. Simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya.

Definisi Corporate Identity

Corporate identity merupakan sekumpulan elemen visual maupun non visual yang dapat menggambarkan perusahaan di mata konsumen. Sederhananya, identitas perusahaan adalah gambaran yang melekat pada sebuah perusahaan dari perspektif konsumen. 

Nah, bagaimana cara mengenali identitas sebuah perusahaan?  

Elemen Visual Corporate Identity

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, identitas perusahaan terdiri dari beberapa komponen atau elemen penting di belakangnya. Elemen visual identitas perusahaan antara lain:

Corporate Identity Berupa Logo 

Apa yang pertama kali terlintas dalam benak Anda tentang Nike? Tentu jawabannya adalah logonya yang berbentuk seperti ceklis itu bukan?

Nah, itulah fungsi utama logo pada sebuah perusahaan. Logo merupakan elemen yang paling utama untuk menggambarkan identitas perusahaan. Desain logo yang simpel dan mudah diingat membantu menciptakan kesan mendalam di mata konsumen.

Baca juga: Apa Itu Papan Informasi Perusahaan?

Tipografi dan Font

Elemen kedua yang dapat menggambarkan sebuah perusahaan dengan mudah adalah tipografi dan font. Penggunaan huruf dan font yang sama di semua materi perusahaan membuat perusahaan terlihat profesional dan mudah dikenali. 

Desain Grafis dan Visual

Visual yang ditampilkan secara terus menerus pada media perusahaan tentunya dapat menciptakan identitas perusahaan yang baik di mata konsumen. Sebab, setiap perusahaan pastinya memiliki ciri desain grafisnya tersendiri. 

Tagline dan Slogan

Tagline dan slogan dapat memuat identitas perusahaan. Dengan tagline dan slogan, perusahaan mampu menyampaikan pesan yang kuat mengenai nilai dan visi-misi perusahaan.  

Elemen Non Visual

Tone of Voice

Tone of Voice adalah pilihan kata, struktur kalimat, dan gaya bahasa yang digunakan perusahaan. Penggunaan tone of voice yang konsisten dalam semua media perusahaan tentu bisa menjadikan komunikasi perusahaan lebih efektif dan efisien.

Budaya Perusahaan

Elemen non visual yang memuat identitas perusahaan juga meliputi budaya, kebiasaan, maupun nilai-nilai yang mencerminkan sebuah perusahaan. Daripada itu, strategi maupun struktur perusahaan juga termasuk sebagai media yang memuat identitas perusahaan.

Baca juga: Apa Manfaat Annual Report Perusahaan?  

Mengapa Corporate Identity Penting?

Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Fungsi utama identitas perusahaan yang kuat adalah membangun kepercayaan dan kredibilitas perusahaan terhadap beberapa pihak. Yakni konsumen, mitra bisnis, kolega, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dengan perusahaan. Dengan demikian, bukan hanya perusahaan saja yang mendapatkan perhatian, tetapi juga meningkatkan penjualan hingga menjalin kerja sama dengan klien baru. 

Membedakan Perusahaan dengan Pesaing

Identitas perusahaan yang kuat mampu membedakan perusahaan dengan para pesaing. Mengingat, saat ini sudah ada banyak tipe bisnis yang mirip antara satu sama lain. Tujuannya tentu agar bisnis tidak mudah disontek dan memiliki ciri khas yang lain dari pesaing. 

Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Karena, konsumen yang loyal akan dengan senang hati melakukan repeat order. Jadi singkatnya, konsumen yang loyal mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda dibandingkan konsumen baru.

Baca juga: Fasilitas Kerja Karyawan dari Perusahaan, Pentingkah?  

Contoh Produk Corporate Identity

Identitas perusahaan umumnya ditemukan pada media-media berikut:

  • Peralatan kantor: memo, kop surat, kartu nama, stempel, form, kwitansi, topi, seragam, lanyard, name tag, dan lain sebagainya.  
  • Brosur
  • Poster
  • Katalog 
  • Laporan Akhir Tahun
  • Website  
  • Buku agenda
  • Buku tahunan
  • dll

Bangun kredibilitas perusahaan dan dorong penjualan Anda dengan mencetak corporate identity yang menarik dan unik di Cipta Office. Klik di sini atau tombol di bawah untuk melakukan pemesanan dan dapatkan harga terbaik dengan melakukan pembelian secara grosir!