+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Perforator atau yang biasanya dikenal dengan pembolong kertas sangat sering kita jumpai di kantor, sekolah, rumah, dan lainnya. Alat ini sangat berguna juga untuk bisnis percetakan. Oleh karena itu, di bawah ini akan di bahas lengkap tentang pembolong kertas ini. Mulai dari pengertian perforator, fungsinya, cara menggunakannya, hingga jenis-jenis perforator.

perforator pembolong kertas

Perforator Adalah

Perforator merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membolongi kertas dan terbuat dari besi. Penggunaan perforator atau pembolong kertas ini mirip dengan menggunakan stapler yaitu dengan menjepit kertasnya dan menekan alat tersebut. Jika stapler membuat kertas saling menyatu dengan dikaitkan sedangkan perforator akan membuat kertas tersebut menjadi bolong. Alat perforator ini tidak hanya digunakan untuk membolongi kertas, tetapi juga untuk bahan lainnya seperti bahan kulit, karton, dan lainnya. Perforator termasuk ke dalam peralatan standar dalam kantor dan penting untuk menjadi alat pengarsipan dokumen. 

Fungsi Perforator

Fungsi utama sebuah perforator tentunya untuk melubangi kertas seperti yang sudah dijelaskan di atas. Meski begitu, sebuah perforator juga memiliki fungsi lainnya yang lebih spesifik. Untuk perforator yang hanya bisa melubangi satu lubang berfungsi untuk melubangi kertas kecil misalnya seperti kartu perpustakaan. 

Sedangkan perforator lubang dua bisa membuat dua lubang secara sejajar dan biasa digunakan untuk melubangi kertas agar bisa disimpan di map. Sehingga membuat pengarsipan dokumen kantor menjadi lebih rapi. Selain itu, ada juga perforator lubang tiga atau lima  yang berfungsi untuk melubangi kertas yang panjang dan membutuhkan banyak lubang seperti kertas binder. 

Baca juga: 3 Hal yang Hraus Diperhatikan Saat Membuat Desain Amplop Corporate

Cara Menggunakan Perforator

Sebenarnya, menggunakan perforator tidaklah sulit. Anda harus memastikan bahwa perforator di tempat yang stabil .Setelah itu selipkan kertas yang ingin dilubangi pada perforator yang tuasnya sudah terbuka sepenuhnya. Selanjutnya, Anda bisa menekan kuat tuas perforator dan buka kembali tuasnya ketika Anda sudah yakin jika kertas sudah dibolongi dengan baik. Saat membersihkan perforator dari sisa kertas Anda perlu berhati-hati agar tidak terkena mata pisaunya yang tajam. 

5 Jenis Perforator

Perforator tidak hanya memiliki satu jenis yang biasanya kita temukan untuk penggunaan kantor. Berikut ini ada 5 jenis perforator yang perlu Anda tahu.

1. Perforator Satu Lubang

Seperti namanya, jenis perforator ini hanya memiliki satu lubang saja. Biasanya digunakan untuk melubangi kertas yang berukuran kecil. Misalnya seperti untuk melubangi tiket, kartu perpustakaan, hang tag, dan kertas lainnya yang hanya membutuhkan satu lubang.

2. Perforator Dua Lubang

Selanjutnya ada jenis perforator dengan dua lubang. Kedua lubang tersebut berukuran sama besarnya dan memiliki jarak tertentu. Penggunaan perforator lubang dua ini biasanya untuk melubangi kertas dokumen agar mudah disimpan pada map snelhecter.

3. Perforator Mata Ayam

Untuk memasang mata ayam juga memerlukan perforator. Perforator mata ayam atau dikenal dengan nama eyelet perforator. Jenis perforator ini khusus untuk membuat sebuah lubang untuk mata ayam. Perforator mata ayam ini memiliki tuas yang lebih kuat dan tebal karena biasa digunakan untuk bahan yang tebal seperti kulit, karton, dan lainnya. 

4. Perforator Enam Lubang

Banyaknya lubang yang bisa dibolongi oleh perforator enam lubang ini membuat perforator ini bisa melubangi sekaligus banyak dan sejajar dengan jarak yang sama. Biasanya jenis perforator ini digunakan untuk melubangi kertas yang dipasang pada binder ring.

5. Perforator Multiple

Seperti namanya, jenis perforator ini bisa mulai sekaligus banyak. Bahkan jumlah lubang yang bisa dibuat hingga 24 buah. Jenis perforator ini memiliki ukuran yang cukup besar. Oleh karena itu, biasanya digunakan untuk melubangi kertas yang besar seperti kertas untuk dibuat menjadi buku dengan menggunakan jilid spiral. 

Baca juga: Tips Menentukan Lemari Arsip File di Ruang Kerja

Di atas adalah pembahasan lengkap tentang apa perforator. Perforator sangat bermanfaat bagi keperluan kantor agar dokumen penting tidak tercecer ke mana-mana. Semoga bermanfaat!