+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Bagi pekerja lapangan, rambu-rambu K3 di area kerja sudah menjadi pemandangan yang familiar. Namun, tahukah Anda makna di balik setiap rambu tersebut dan jenis-jenisnya? Artikel ini akan mengupasnya lebih dalam.

Apa Itu Rambu K3?

Cipta Office – Rambu K3 atau  safety sign merupakan tanda visual yang menyampaikan informasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang banyak digunakan di tempat kerja. Tanda visual atau safety sign dapat berupa simbol, gambar, ataupun teks visual. 

Berdasarkan Permenaker No. 05/MEN/1998, safety sign berfungsi untuk memberitahu potensi bahaya, larangan, maupun instruksi K3 pada pekerja. Selain itu, safety sign juga membantu meminimalisir kecelakaan kerja sekaligus mendorong kesadaran pekerja untuk bekerja dengan aman.

Jenis–jenis Rambu K3

Rambu Peringatan

Safety sign peringatan bertujuan memberitahu pekerja akan potensi bahaya di tempat kerja. Misalnya, safety sign bahaya listrik, safety sign area wajib bermasker, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Board Information dan Jenisnya? 

Larangan

Seperti namanya, safety sign yang satu ini bertujuan melarang pekerja melakukan tindakan tertentu yang berpotensi merugikan diri sendiri atau orang lain. Contohnya safety sign larangan merokok, area terbatas, wajib memakai alat pelindung diri (APD) dan sebagainya. 

Perintah

Safety sign perintah bertujuan untuk memberi instruksi kepada pekerja yang wajib ditaati. Dalam hal ini, instruksi yang ada pada safety sign dapat berupa larangan, kewajiban, sekaligus peringatan. Adapun contoh safety sign perintah yaitu menggunakan alat pelindung diri (APD), perintah memakai sabuk pengaman, dan lainnya. 

Petunjuk

Terakhir adalah safety sign petunjuk. Yakni safety sign yang isinya memberikan informasi umum yang berlaku untuk semua warga area kerja atau perusahaan. Safety sign petunjuk juga bisa berupa informasi arah ataupun hal-hal yang harus dilakukan pekerja dalam situasi tertentu. Sebut saja safety sign alat pemadam api, safety sign titik kumpul, safety sign jalur evakuasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Warna Safety Sign, Apa Saja? 

Jenis-jenis  Rambu K3

Selain terbagi berdasarkan fungsi, safety sign juga terbagi lagi berdasarkan bentuk medianya. 

Rambu Konvensional

safety sign, rambu keselamatan dan kesehatan kerja

Contoh safety sign

Safety sign merupakan rambu yang memuat pesan-pesan keselamatan dan kesehatan kerja yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. 

Umumnya materi yang digunakan safety sign konvensional bisa berupa plat PVC, aluminium, akrilik, atau material stiker reflektif. Materi ini dipilih agar rambu-rambu mudah terlihat dan tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim.

Penempatan safety sign yang tepat dan strategis sangatlah penting untuk memastikan efektivitasnya. Rambu-rambu harus dipasang di tempat yang mudah dilihat oleh pekerja, seperti di area pintu masuk, area kerja, dan area berbahaya. Safety sign juga bisa dipasang di pinggir jalan, atau area lain di tempat kerja. 

Safety Poster

safety sign poster, rambu k3 poster

Contoh safety sign poster

Safety poster merupakan poster dengan pesan keselamatan dan kesehatan kerja yang dilengkapi dengan ilustrasi atau foto yang menarik. Biasanya safety poster dicetak menggunakan kertas luster atau art carton dengan ketebalan 230 gsm.

Baca juga: Fasilitas Kerja yang Bikin Nyaman Karyawan di Perusahaan    

Safety Sticker

safety sign sticker, rambu k3 di area kerja

Contoh safety sign sticker

Pada beberapa area, seperti mesin, pintu, atau jalanan, pemasangan safety sign konvensional bisa mengganggu pekerja. Maka dari itu, menggunakan stiker sebagai safety sign bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mencetak safety sign dengan stiker vinyl yang bisa ditempel di segala jenis permukaan, tahan air, tidak mudah sobek, dan lebih murah tentunya. 

Safety Handbook

safety handbook, buku panduan keselamatan dan kesehatan kerja

Contoh safety handbook

Beberapa perusahaan besar menggunakan safety handbook sebagai buku panduan keselamatan dan kesehatan kerja. Melalui buku ini, pekerja bisa mempelajari dan memahami instruksi keselamatan dan kesehatan kerja di suatu perusahaan. Termasuk, informasi khusus mengenai K3 industri, potensi bahaya, dan peraturan K3 yang berlaku.

Safety Neon Box

safety sign neon box, signage k3, signage darurat

Contoh safety sign neon box

Rambu K3 juga dapat berupa lampu neon box yang digantung di langit-langit ruangan atau dinding ruangan. Bukan hanya sekedar signage, safety neon box bisa menjadi media informasi yang jelas meskipun di area minim cahaya. Contohnya safety neon box jalur evakuasi yang akan sangat membantu pekerja pada saat emergency dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal CSR Perusahaan: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya 

Safety Performance Board

safety sign board information, board information

Contoh board performance information

Terakhir, yakni safety performance board atau papan informasi. Papan ini digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan. Misalnya sebagai papan informasi keselamatan kerja, informasi aturan masuk perusahaan, informasi lingkungan, hingga informasi pendukung kinerja perusahaan (kerusakan mesin, target produksi, kualitas barang, dan lainnya)  

Cetak Safety Sign Karawang

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis safety sign yang banyak digunakan perusahaan. Apabila Anda memiliki rencana untuk memasang safety sign di area kerja atau perusahaan, maka percayakan saja pada ahlinya. Cipta Office siap membantu mencetak segala kebutuhan safety sign Anda. Segera hubungi nomor ini atau tekan tombol di bawah untuk melakukan pemesanan.