+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Punya ruang kerja di rumah sudah menjadi hal yang lumrah sekarang ini. Dengan banyaknya pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote, atau bahkan menjadi full time worker membuat siapa saja menyediakan ruang kerja sendiri yang bisa mendukung aktivitas. Sering kali ruang kerja yang ada di rumah tak begitu besar. Tak jarang ruang kerja yang digunakan pun bersamaan dengan ruang yang lain sehingga tata letaknya tak beraturan dan sulit untuk berkonsentrasi. Karena itu, memperhatikan ruang kerja yang kecil menjadi nyaman bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja. 

Baca juga: 6 Jenis Kursi Kantor untuk Menghindari Sakit Punggung

Tips Menata Ruang Kerja dengan Ukuran yang Mungil

– Pilih furniture dengan ukuran yang tepat

ruang kerja yang kecil

Ukuran ruang kerja yang kecil artinya kamu hanya memiliki ruang yang terbatas untuk menggunakan furniture. Misalkan saja jika kamu ingin membawa furniture tambahan selain kursi dan meja, kabinet tambahan yang digunakan harus disesuaikan dengan ukurannya. Jika Anda ingin membuat ruangan terlihat lebih lapang, mengurangi terlalu banyak furniture adalah pilihan yang tepat. 

– Maksimalkan fungsi ruangan

Ruangan yang ukurannya tak terlalu besar bisa Anda manfaatkan dengan maksimal melalui pemakaian barang-barang tertentu. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan dinding ruangan menjadi kabinet yang bisa menyimpan barang-barang untuk keperluan Anda selama bekerja. 

– Tambahkan cermin yang membuat kesan lapang

ruang kerja yang kecil bisa terlihat lapang dengan keberadaan kaca

Di ruang kerja ada cermin? Tentu saja bisa! Cermin terbukti dapat membuat ruangan terasa lebih lapang dan sering diletakan di bagian dinding agar lebih terasa lebih luas. Untuk itu, Anda bisa membuat cermin custom yang memiliki kesan minimalis dan membuat ruang kerja terlihat lega. 

– Memperbaiki dekorasi ruangan secukupnya

Dekorasi ruangan yang ada di ruang kerja harus Anda perhatikan. Berbagai dekorasi mungkin akan memberikan kesan tertentu yang akan membuat ruangan terlihat lebih unik. Namun, jika ruang kerja yang Anda miliki tak begitu besar, sebaiknya gunakan dekorasi secukupnya. Untuk itu, memastikan ruangan sudah lengkap dengan perlengkapan yang dibutuhkan sebaiknya dijadikan prioritas. Kalaupun Anda ingin menambah dekorasi, pilihlah yang mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan begitu, Anda juga 

– Memastikan ada jendela yang menerangi ruangan

Cahaya matahari menjadi salah satu kunci untuk ruangan yang nyaman, termasuk untuk ruang kerja. Dengan memastikan ruangan mendapat cahaya matahari yang cukup, Anda bisa terdorong untuk lebih semangat saat beraktivitas. Sebaliknya, ketika ruangan gelap dan pengap tanpa jendela, semangat untuk beraktivitas juga tak begitu besar. Penelitian yang dilakukan oleh Eco Business menunjukkan bahwa tempat kerja yang mendapat cahaya matahari terlihat mengalami kenaikan produktivitas dan sales sebanyak 5-40%. Untuk itu, pastikan ruang kerja Anda mendapatkan cahaya yang cukup agar semakin termotivasi.