+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Litografi merupakan salah satu teknik cetak datar yang sering digunakan pada industri percetakan. Teknik cetak ini telah digunakan sejak abad ke 18. Penggunaannya yang dilakukan sejak lama membuat adanya modifikasi agar tetap bisa memenuhi kebutuhan industri cetak hingga saat ini. Pada artikel ini, Cipta Grafika akan membahas tentang litografi secara lengkap.

Pengertian Teknik Cetak Litografi

Litografi berasal dari bahasa Yunani yaitu lithos yang berarti batu dan graphien yang berarti menulis. Dengan begitu teknik cetak litografi adalah sebuah teknik cetak yang acuan cetaknya menggunakan batu. Teknik ini pada awalnya digunakan untuk membuat buku dan lukisan, namun sekarang teknik cetak ini bisa digunakan untuk diberbagai media yang mendukung teknik cetak ini. Litografi termasuk teknik cetak datar. Hal ini dikarenakan bagian yang dicetak harus memiliki bidang yang datar. 

Baca juga: Makin Efektif Promosi dengan Billboard!

Litografi di Dunia Modern

Seperti pengertian yang sudah disebutkan bahwa litografi adalah teknik cetak yang menggunakan bantuan batu. Jadi, apakah di dunia modern seperti saat ini masih menggunakan batu kapur untuk menjadi acuan cetaknya? Tentunya, semakin berkembang sebuah zaman akan semakin modern pula alat yang digunakan.

Tetapi, bukan berarti mesin cetak litografi dengan menggunakan batu sebagai acuan langsung hilang begitu saja. Litografi tradisional masih digunakan hingga saat ini. anda akan menemukannya pada proses pencetakan fine art seperti lukisan. 

Saat ini mesin litografi yang dikenal adalah litografi offset yang biasanya digunakan untuk mencetak koran, buku, dan lainnya. Pada dasarnya, cetak offset menggunakan prinsip litografi yaitu diawali dengan membuat desain lalu dipisahkan sesuai dengan warna CMYK.

Baca juga: Papan Informasi Perusahaan, Apa Itu?

Nantinya akan dibuat pelat untuk desain berwarna dan ditempatkan pada roller pelat yang nantinya akan bersinggungan dengan water roller, ink roller, dan rubber blanket roller. Tinta pada ink roller sudah diatur hanya mengenai bagian gambar, sedangkan untuk yang tidak bergambar akan diberi air dari water roller. Nah, disinilah Anda bisa menemukan prinsip litografi. 

Itu adalah penjelasan tentang  litografi. Semoga bermanfaat!