+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

perabotan kantor, tips memilih perabotan kantor

Memilih perabot kantor bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan perencanaan dan pertimbangan matang untuk memastikan barang yang dipilih dapat mendukung produktivitas kerja, dan tahan lama. Pemilihan yang tepat juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan di tempat kerja. Nah, artikel ini akan membahas pengertian, ragam, serta tips memilih perabot kantor yang efektif dan tahan lama.

Pengertian Perabot Kantor

Cipta Office – Perabot kantor adalah berbagai jenis furniture atau peralatan yang digunakan dalam lingkungan kerja untuk mendukung kegiatan operasional. Peralatan ini mulai dari meja, kursi, lemari arsip, hingga rak dan perlengkapan tambahan lainnya. Selain sebagai alat bantu kerja, perlengkapan ini juga memiliki peran penting dalam estetika dan kenyamanan lingkungan kerja. Seperti memilih kursi kantor yang tepat akan membuat karyawan duduk dengan nyaman.

Ragam Perabot Kantor

Dalam jenisnya peralatan kantor dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tergantung pada fungsinya masing-masing. Berikut ragam peralatan yang umum ditemukan di setiap ruang kantor.

Meja Kantor

meja-kantor

Peralatan ini salah satu perabot yang paling esensial. Meja kantor biasanya digunakan sebagai tempat bekerja, menulis, dan menyimpan dokumen. Terdapat berbagai jenis meja kantor, termasuk meja kerja standar, meja komputer hingga meja rapat.

Baca juga: 6 Tips Merawat Furnitur Besi di Ruang Kantor

Kursi Kantor

kursi kantor

Selanjutnya kursi kantor yang dirancang untuk memberikan kenyamanan selama bekerja. Pilihan kursi yang tepat dapat mendukung kesehatan postur tubuh dan mengurangi risiko cedera. 

Filling Cabinet

filling cabinet

Lemari arsip atau filling cabinet yang digunakan untuk menyimpan dokumen dan berkas penting agar tertata rapi dan mudah diakses. Lemari ini biasanya dilengkapi dengan sistem pengunci untuk menjaga keamanan dokumen.

Rak Buku dan Rak Display

Kemudian ada rak buku yang digunakan untuk menyimpan buku, majalah, dan bahan bacaan lainnya. Sementara itu, rak display berguna untuk menyimpan barang seperti penghargaan, trofi, atau produk perusahaan.

Meja Rapat

Terakhir ada meja rapat yang biasanya berukuran lebih besar. Meja ini digunakan untuk keperluan rapat atau pertemuan diskusi kelompok. Meja yang umumnya dilengkapi dengan sistem kabel untuk mengatur kabel-kabel elektronik.

Baca juga: Atasi Silau di Ruang Kantor dengan Roller Blind!

Tips Memilih Perabot Kantor

Memilih perabot yang tepat memerlukan pertimbangan terhadap berbagai aspek. Mulai dari pertimbangan fungsional, kualitas bahan,hingga desain ergonomis. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih peralatan kantor yang efektif dan tahan lama.

Berdasarkan Fungsional

Pilih berdasarkan fungsinya, tentukan terlebih dahulu kebutuhan yang diperlukan sebelum membeli. Misalnya, apakah Anda memerlukan meja yang luas untuk menampung dokumen atau kursi ergonomis untuk kesehatan postur tubuh. Jadi pastikan peralatan yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Pemilihan Bahan Berkualitas

Memilih berdasarkan kualitas bahan adalah faktor kunci yang menentukan daya tahan peralatan kantor. Pilihlah barang yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti kayu solid, logam, atau plastik yang kuat. Serta hindari bahan yang mudah rusak atau aus.

Desain Ergonomis

Perabot yang ergonomis sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan karyawan. Kursi dan meja yang dirancang ergonomis dapat membantu mengurangi resiko cedera akibat postur yang salah. Pastikan kursi memiliki penyangga punggung yang baik dan meja memiliki tinggi yang dapat disesuaikan. 

Baca juga: Pengertian dan Kelebihan Open Space Office

Gaya dan Estetika Kantor

Selanjutnya Anda bisa memilih sesuai dengan gaya dan tema desain kantor. Perlengkapan yang harmonis dengan dekorasi dapat menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan profesional.

Periksa Fitur Tambahan

Beberapa peralatan dilengkapi dengan fitur tambahan seperti laci, rak, atau sistem kabel manajemen. Jika memungkinkan, lakukan uji coba terhadap perabot sebelum membelinya. Cobalah duduk di kursi, buka dan tutup laci, atau periksa stabilitas meja untuk memastikan kenyamanan dan kualitas perabot tersebut.

Pilih Merek Terpercaya

Merek barang yang sudah dikenal dan terpercaya biasanya menawarkan produk yang berkualitas dan tahan lama. Lakukan riset tentang merek-merek yang ada di pasaran dan baca ulasan dari pengguna lain sebelum membuat keputusan.

Cek Garansi

Pastikan barang yang Anda beli dilengkapi dengan garansi. Garansi yang panjang dan layanan purna jual yang responsif dapat memberikan keamanan tambahan jika terjadi masalah dengan perabot.

Jadi itulah pengertian, ragam hingga tips memilih peralatan yang efektif serta tahan lama. Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, produktif, dan estetis.

Nah, Anda dapat membeli perabot kantor di Cipta Office Karawang. Karena kami menyediakan berbagai perlengkapan kantor dengan berbagai pilihan model dan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Klik link ini atau tombol di bawah untuk mendapatkan perabot idaman perusahaan Anda!

Penulis: Lidia Pratama

Editor: Raden Fathria