+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Beberapa kantor di Indonesia terletak di gedung yang tinggi. Biasanya, semakin tinggi suatu bangunan maka cahaya matahari akan lebih leluasa untuk masuk ke ruangan. Tak jarang, cahaya yang masuk secara berlebih di jam-jam tertentu mengganggu kinerja para pekerja. Ruangan jadi terasa silau bahkan sampai membuat mata terasa tak nyaman. Fenomena ini sebenarnya bisa Anda atasi agar tidak menghambat laju pekerjaan. Simak tips lengkap untuk menghalangi cahaya matahari di ruang kerja berikut ini! 

Baca juga: Serba-serbi Bekerja di Coworking Space yang Perlu Anda Ketahui

6 Tips untuk Menghalangi Cahaya Matahari di Ruangan 

Untuk Anda yang bekerja di dekat jendela atau berada di dalam ruangan yang dipenuhi jendela, pasti sudah tak asing lagi dengan silau bukan? Di jam-jam tertentu bahkan cahaya matahari terasa lebih menyilaukan. Misalnya saja saat pagi hari atau sore ketika menjelang terbenam, cahayanya dapat mengganggu aktivitas kerja Anda. Untuk itu, Anda bisa mencoba tips berikut agar tetap fokus bekerja dalam ruangan tanpa terganggu cahaya yang membuat silau. 

Gunakan kaca film 

 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan kaca film. Kaca film akan mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dan membuat ruangan teduh. Selain itu, tampilannya tak akan memberikan efek yang merusak kaca Anda. 

Pasang tirai 

tirai dapat menghalangi silau matahari dengan baik

Tips kedua ini termasuk mudah untuk dilakukan. Memasang tirai dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk seketika. Tirai juga dapat digunakan untuk menyesuaikan seberapa terang cahaya matahari yang Anda butuhkan karena ketebalannya ada beragam. Pilihlah tirai yang memiliki warna dan bentuk yang cocok dengan interior ruangan Anda. Dalam hal ini, tirai roller blind bisa menjadi pilihan karena mudah dalam penggunaan serta memiliki warna yang netral.

Sediakan penghalang portable 

Jika Anda ingin penghalang cahaya yang bisa dipindahkan secara berkala, gunakan saja penghalang portable dari kain atau papan lipat. Selain bisa dibuat custom, papan lipat juga memudahkan Anda untuk memindahkannya dari satu sisi ke sisi yang lain. 

Simpan tanaman di dalam ruang 

tanaman di dalam ruangan juga berfungsi untuk menutupi silau matahari

Tanaman selalu menjadi pilihan yang tepat saat Anda ingin merasakan nuansa yang segar di dalam ruangan. Keuntungan lainnya, jika tanaman yang Anda pilih mampu tumbuh tinggi, Anda bisa menggunakannya sebagai penghalang dari cahaya matahari yang terlalu terang. 

Aplikasikan secondary skin 

Secondary skin adalah bagian penghalang yang biasanya diterapkan pada fasad rumah. Bentuknya dapat Anda sesuaikan untuk membantu meminimalisir cahaya yang masuk dengan membatasi bagian matahari masuk ke ruangan. Oleh karena itu, secondary skin dapat Anda terapkan di bagian gedung yang mendapat terlalu banyak cahaya matahari.

Gunakan sticker one way

Tips untuk menghalangi cahaya matahari dari ruang kerja selanjutnya adalah menggunakan stiker one way. Stiker ini hanya dapat dilihat di satu sisi saja. Anda bisa menggunakan gambar apapun untuk di bagian luar. Stiker yang berbentuk lubang-lubang kecil ini bisa menutupi bagian dalam dari cahaya matahari yang terlalu silau. Anda bisa membuat sticker one way dengan ukuran yang berbagai macam di Cipta Grafika agar ruang kerja semakin nyaman. 

Cara mudah untuk mengurangi ruangan silau juga melalui penggunaan roller blind. Dapatkan roller blind yang sesuai dengan keinginan Anda di Cipta Office.