+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Punya kantor baru atau ruang kerja untuk WFH yang masih perlu diisi berbagai perlengkapan? Tenang, Anda tak harus terburu-buru mengisinya sampai mengorbankan budget yang membludak kok. Perlengkapan kerja memang bisa terus bertambah seiring banyaknya projek yang digarap. Namun, Anda bisa tetap mempersiapkannya satu demi satu sesuai kebutuhan yang paling darurat. Dalam artikel ini, kami rangkum tips mengisi ruang kerja baru untuk Anda.

Saat bekerja bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuat kesal. Aktivitas kerja akan terganggu jika ruangan berantakan atau benda yang dicari sulit ditemukan.  Karenanya, Anda harus menjaga kondisi ruang kerja supaya tetap beraturan dan nyaman dilihat dengan peralatan yang lengkap. Setelah menghitung budget, apa saja yang perlu Anda siapkan di ruang kerja baru? 

Baca juga: 13 Daftar Peralatan Kantor yang Harus Anda Miliki

1. Kursi dan meja kerja

Tips mengisi ruang kerja yang pertama adalah kursi dan meja office yang mendukung

Namanya saja ruang kerja, Anda pasti membutuhkan seperangkat furniture sebagai tempat menuangkan ide dan inspirasi. Seminimal-minimalnya, Anda punya meja dan kursi agar tak perlu bekerja dengan duduk di kasur. Duduk di atas kasur atau lantai selama berjam-jam punya dampak yang kurang baik dan bisa memengaruhi produktivitas lho! 

Kursi yang menopang tubuh dengan baik akan membuat tubuh Anda rileks meskipun duduk berjam-jam. Pilih kursi office yang dilengkapi dengan arm rest atau sandaran tangan agar kedua lengan Anda bisa beristirahat di tengah aktivitas. Perhatikan juga bantalannya ya, ketebalan yang pas membuat Anda tak mudah merasa sakit badan. 

Untuk meja kerja, sesuaikan dengan fungsi yang sesuai kebutuhan. Meja yang hanya digunakan untuk laptop tentu berbeda lebarnya dengan permukaan meja yang membutuhkan seperangkat komputer. Pertimbangkan untuk membeli meja dan kursi terlebih dahulu bukan hanya mendukung aktivitas kerja, tetapi demi kesehatan tubuhmu juga lho!

2. Kabinet atau rak

tips mengisi ruang kerja agar beraturan dengan rak

Di dalam ruang kerja, biasanya selalu ada berkas yang harus Anda simpan dengan beraturan di dalam rak atau kabinet. Kabinet yang Anda pilih bisa disesuaikan dengan interior ruangan. Kalau Anda suka tampilan yang lebih terbuka, bisa menggunakan rak sebagai alternatifnya. Tampilan rak mungkin akan terlihat lebih berantakan dibandingkan kabinet karena tak ada penutup. Oleh karena itu, Anda juga butuh storage box yang akan mengelompokkan benda sesuai jenisnya di dalam rak.

3. Side table

tips mengisi ruang kerja agar lebih aesthetic adalah dengan side table

Butuh penyejuk mata di ruangan kerja? Tentu saja bisa! Sediakan saja meja kecil di samping meja kerja Anda untuk menaruh berbagai benda. Kalau Anda suka dengan tanaman, simpan vas dengan bunga untuk tampilan yang lebih feminin. Tanaman kecil yang mudah dirawat dan bisa tumbuh di dalam ruangan seperti lidah mertua bisa menjadi opsi. Di meja ini juga Anda bisa menaruh cetakan foto atau pajangan lain yang bisa memberikan efek ‘relieving’ saat dipandang. 

4. Brankas

 

Brankas bisa menjadi perlengkapan primer jika pekerjaan Anda berhubungan dengan dokumen yang penting seperti surat tanah, perhiasan, atau uang milik pihak lain. Namun, karena penggunaannya masih bisa digantikan dengan benda lain, maka membeli brankas bisa menjadi pilihan yang ditunda saat masih menyicil perlengkapan kerja. Anda punya waktu untuk menabung dan mempersiapkan brankas yang berkualitas setelah satu demi satu perlengkapan primer terpenuhi.

5. Pelengkap lainnya

Tampilan ruang kerja bisa menjadi cerminan dari pekerjaan yang Anda jalankan atau karakter Anda. Untuk menambah dekorasi ruang kerja, Anda bisa menambahkan beragam benda yang punya nilai estetika. Misalnya saja menambahkan mural, makrame, atau canvas spanram yang mencetak momen terbaik atau wajah idola. Kalau sedang suntuk, menatap canvas bisa jadi jalan ninja agar mood tetap bagus.

Dalam mempersiapkan ruang kerja yang baru dan nyaman, setelah menyimak tips mengisi ruang kerja, Cipta Office siap menyediakan kebutuhan Anda. Perlengkapan yang mendukung aktivitas kerja Anda bisa membuat kerja lebih produktif.