+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Pernahkah Anda menyadari bahwa beberapa furnitur di dalam ruang kantor berbahan dasar besi. Sebut saja filling cabinet, brankas, lemari penyimpanan, kursi, dan furnitur besi lainnya. Namun, sudahkah Anda mengetahui bahwa furnitur-furnitur tersebut membutuhkan perawatan khusus supaya lebih awet? Lantas, bagaimana caranya? Simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya. 

Tips Merawat Furnitur Besi

Cipta Office – Beberapa orang memilih furnitur berbahan besi karena memiliki banyak keunggulan. Seperti awet, kokoh, minimalis, mudah dipasang, hingga harganya yang lebih terjangkau ketimbang furnitur kayu. Akan tetapi dibalik kelebihannya, furnitur berbahan dasar ini pun mempunyai kekurangan. Yakni timbulnya karat yang dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang harus Anda ketahui.

Baca juga: Berapa Ukuran Meja Kantor yang Ideal?

Memperhatikan Kapasitas Penyimpanan

Untuk barang seperti filling cabinet, locker, dan brankas dari besi maupun stainless steel, perlu diperhatikan kapasitas penyimpanannya. Jangan menyimpan barang dengan bobot yang berlebih dalam satu tempat. 

Membersihkan Secara Teratur

Tips yang satu ini sebenarnya sering kali dilupakan. Padahal membersihkan secara rutin dan teratur merupakan hal yang wajib untuk dilakukan pada perabotan dengan bahan dasar apapun. Terlebih pada barang berbahan dasar besi yang lama kelamaan bisa berkarat. 

Untuk membersihkan furnitur, Anda bisa mengelapnya dengan kain lembab seminggu sekali. Jika ada noda membandel, bersihkan kotoran dengan spons yang telah diberi deterjen cair lalu bilas. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel dan jangan lupa untuk segera mengelapnya dengan kain kering.

Baca juga: Butuh Plakat? Kenali Jenis Bahannya Terlebih Dahulu 

Bagaimana untuk karat yang membandel? Cukup hilangkan titik karat dengan sikat kawat secara perlahan hingga karat terlepas dan menghilang. Jika spons dengan deterjen atau sikat kawat masih belum mempan, Anda bisa menggunakan alternatif lainnya. Misalnya baking soda atau cuka. 

Memberi Pelumas Pada Bagian Engsel

Salah satu kerusakan yang paling sering muncul dari barang berbahan dasar besi yang memiliki pintu adalah pada bagian engsel yang mudah terlepas. Maka, cara merawat furnitur tersebut ialah dengan memberi pelumas pada bagian engselnya secara berkala. Tujuan pemberian pelumas ini adalah agar pintu pada furnitur tetap terjaga fungsinya dan tidak mudah terlepas. 

Simpan di Lokasi yang Kering

Barang atau peralatan dari besi memang tidak mungkin terkena jamur ataupun rayap. Tetapi besi juga akan mudah karatan dan berbau jika ditempatkan di ruang yang lembab atau tertutup. Oleh karena itu, sebaiknya simpan furnitur di tempat yang kering dan berventilasi baik, atau area yang terbuka luas.  

Mengoleskan Anti Karat

Semprotkan pelapis anti karat untuk hasil perawatan maksimal. Tunggu hingga pelapis anti karat kering dan boleh untuk mengecatnya kembali jika diinginkan. Cairan anti karat ini bisa Anda dapatkan di toko bangunan atau online yang menjual barang atau perlengkapan dari besi.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Cetak Kartu Nama Bisnis! 

Cat Ulang

Ingin furnitur tampak seperti baru? Maka tidak ada salahnya mengecat ulang furnitur Anda. Namun, pastikan menggunakan cat khusus untuk besi dan penghambat karat yang berkualitas. 

Untuk hasil yang maksimal, lakukan pengecatan furnitur sebanyak dua kali atau dua lapis. Pilih cat dengan konsistensi ringan dan cepat kering. Selain itu, bisa menggunakan wax mobil, minyak mineral, maupun minyak bayi sebagai alternatif lainnya.   

Furnitur Besi di Karawang

Kini Anda mengetahui cara merawat furnitur berbahan dasar besi di ruang kerja. Butuh Butuh perlengkapan seperti filling cabinet, brankas, locker, kursi kerja dan sebagainya? Cipta Office bisa membantu mewujudkan keinginan Anda, klik di sini untuk melakukan pemesanan.