+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Apakah di ruang kerja Anda banyak menggunakan furnitur yang berbahan dasar dari kayu? Agar tahan lama, furnitur kayu harus dirawat dengan cara khusus. Mempertahankan furnitur merupakan tugas yang cukup berat tetapi sangat bermanfaat. Pada artikel ini, kami membahas beberapa tips merawat furniture kayu yang dapat Anda gunakan untuk memastikan usianya bertahan lama.

Furnitur kayu, dengan kesannya yang vintage dapat menambah poin yang menarik pada ruangan Anda. Bagaimanapun bentuknya, furnitur dari kayu selalu memiliki daya pikat, apalagi jika selalu dirawat dengan baik. Karena alasan inilah seseorang harus memberikan perawatan dan perhatian ekstra untuk perabot kayu agar tak cepat rusak. Sangat penting untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan dan yang harus dihindari. 

Baca juga: Tips Memilih Meja Kerja yang Tepat Agar Kerja Semakin Produktif

Berikut adalah beberapa tips berharga yang dapat membantu Anda menjaga furnitur kayu agar tahan lebih lama:

1. Bersihkan dengan baik

Perabotan yang dijaga dengan baik dan bersih membuat ruangan menjadi lebih nyaman dipandang. Saat membersihkan, pastikan Anda menggunakan kain katun yang lembut dan kering untuk menyeka debu pada permukaan kayu. Sebaiknya, Anda membuat jadwal bersih-bersih yang rutin dilakukan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk meluangkan waktu merawat furnitur di sela-sela kesibukan.

2. Jangan terpapar sinar matahari secara langsung

tips merawat furniture kayu di ruang kerja salah satunya dengan menjauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung

Berhati-hatilah agar furniture kayu tidak terkena sinar matahari dalam waktu lama. Paparan sinar matahari yang cukup lama dapat menimbulkan bercak atau bintik-bintik terang dan gelap muncul di permukaan kayu. Jika meja kerja Anda terbuat dari kayu dan langsung menghadap ke arah jendela yang terbuka, ada baiknya menggunakan taplak meja untuk mengurangi efek buruk dari matahari saat sedang bersinar terik.

3. Perhatikan suhu benda

Hindari penggunaan benda yang sangat panas atau terlalu dingin pada furniture kayu untuk menghindari bekas yang sulit hilang. Noda yang ditinggalkan berpotensi untuk merusak kualitas furniture kayu Anda. Jika terpaksa harus meletakannya di atas meja, pastikan tidak terlalu lama dan gunakan alas seperti tisu.

4. Biarkan furnitur berubah sesuai usianya

Beberapa kayu bahan dasar furniture mungkin bisa menjadi terang dan beberapa jenis lainnya mungkin menjadi gelap seiring berjalannya waktu. Jadi, saat membeli furniture kayu, Anda juga harus siap menerima perubahan fisik pada permukaan furniture. Bisa dari kepekatan warna dan hal lainnya. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan perubahan warna yang terjadi karena hal ini sangat lumrah dan dapat memberikan suasana yang baru.

5. Jauhkan dari benda tajam

Anda harus sangat berhati-hati agar tidak membiarkan benda tajam terlalu dekat dengan perabot kayu. Goresan membuat permukaan furniture kayu yang sebelumnya halus menjadi kasar. Goresan yang cukup dalam mungkin akan sulit disembunyikan, jadi untuk menjaga tampilannya, hindari sebisa mungkin dengan benda tajam. 

6. Oleskan dengan pernis

Agar kilapan pada permukaan furniture tetap cantik, oleskan pernis kayu. Anda bisa membelinya di toko bangunan dan melakukannya sendiri di rumah. Selain membuat tampilan tampak lebih halus dan mengilap, pernis kayu juga dapat menjadi pelindung. Pernis akan melindungi permukaan kayu dari paparan sinar matahari secara langsung dan kelembaban karena cuaca. Nah, jika Anda mendapatkan furniture kayu dari Cipta Office atau tempat lainnya, terapkan 6 tips merawat perabot kayu di atas agar furniture bertahan lama.