+6285219605666 ciptagrafika@gmail.com

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tips memilih kursi kerja yang ergonomis. Agar seimbang, maka pembahasan saat ini adalah berapa ukuran meja kantor standar yang ideal. Simak artikel berikut sampai habis agar Anda bisa menciptakan ruang kerja yang nyaman dan produktif! 

Ukuran Meja Kantor Standar

Cipta Office – Berapa ukuran meja kantor standar di pasaran? Umumnya tinggi meja kantor berkisar antara 72 cm hingga 75 cm, lebar meja 60 hingga 120 cm, dan tebal minimal 2,5 cm. Selain itu, meja kantor biasa memiliki permukaan yang datar dengan material particle board atau kayu lapis. Tujuannya yakni untuk memberikan kesan minimalis dan profesional. 

Nah ukuran meja yang disebutkan di atas adalah ukuran standar yang biasa digunakan para pengrajin maupun perusahaan produksi meja kerja. Namun pada dasarnya, tinggi dan lebar meja tergantung pada aspek lainnya. Yakni tinggi pengguna, kursi yang digunakan, hingga tugas harian yang dikerjakan.

Namun, demi kenyamanan dan produktivitas yang maksimal, Anda bisa menggunakan adjustable standing desk. Meja yang memungkinkan Anda bekerja sambil duduk dan berdiri secara bergantian dengan nyaman.  

Cara Memilih Meja Kantor

Berikut ini beberapa tips memilih meja kantor yang bisa Anda aplikasikan:

Perhatikan Luas Ruangan

Cara yang pertama pada saat memilih meja kerja ialah dengan memperhatikan luas ruangan kantor. Jika Anda memiliki ruang kerja yang luas, maka tidak ada salahnya memilih meja kerja yang berukuran besar. Begitu pula sebaliknya apabila ruangan kerja Anda sempit, maka pilihlah meja kerja minimalis namun memiliki banyak ruang.

Baca juga: Langkah Mudah Membuat Company Profile, Penting! 

Memaksimalkan Fungsi Meja

Tips selanjutnya yakni memaksimalkan fungsi meja. Maksudnya adalah menggunakan meja kerja yang sesuai dengan fungsinya. Misalnya, meja rapat ditempatkan di ruang rapat dan bukan digunakan sebagai meja kerja dalam ruang, dan seterusnya. 

Faktor Ergonomis dan Kesehatan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih meja kantor yakni fungsi ergonomis dan faktor kesehatan. Tinggi meja rata-rata mungkin tidak cocok untuk semua orang, sehingga tinggi meja harus disesuaikan dengan pengguna. Sebab, ukuran meja yang kurang pas bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti nyeri punggung, sakit leher, dan lainnya. 

Oleh sebab itu, ukuran meja yang tepat sama pentingnya seperti memilih kursi kerja. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan meja kerja yang dapat disesuaikan ketinggiannya (adjustable standing desk). Atau membuat meja kerja custom sesuai dengan tinggi dan kebutuhan Anda.

Baca juga: Apa Itu Filling Cabinet? ATK yang Dibutuhkan Banyak Perusahaan

Jenis Peralatan

Ketika ingin membeli meja kantor, jangan lupa untuk memastikan kira–kira peralatan apa saja yang akan ada di atas meja. Misalnya komputer desktop, monitor, keyboard, dan peralatan kantor lainnya. Jangan sampai ukuran atau lebar meja kurang cukup lebar sehingga barang-barang Anda tercecer. Semakin banyak peralatan kerja, maka semakin lebar juga meja yang diperlukan. 

Sesuaikan dengan Anggaran

Bagaimanapun, anggaran yang tersedia juga harus menjadi pertimbangan saat memilih meja kerja untuk kebutuhan Anda. Sebab, kualitas meja kerja bergantung pada material yang digunakan, desain, dan fitur pelengkapnya. Semakin baik kualitasnya, maka harga pun semakin tinggi. Oleh karena itu, jangan lupa sesuaikan meja kerja yang Anda butuhkan dengan anggaran yang tersedia.

Baca juga: Apa Jenis dan Manfaat Map Arsip?

Jual Meja Kantor Karawang

Butuh meja kerja dalam jumlah banyak untuk kebutuhan kantor atau satuan untuk kebutuhan pribadi? Custom saja di Cipta Office Galuh Karawang. Kami menyediakan beragam jenis meja kantor dengan berbagai desain dan bahan yang berkualitas tentunya. 

Tunggu apa lagi? Yuk, pesan custom meja kerja sekarang juga dengan klik link di sini atau tombol di bawah, ya.